Dinkes Dorong Forum Germas Berperan dalam Pengembangan Interfensi dan Urgensi Perumusan Kebijakan

Suasana kegiatan Implementasi Lima Kluster Germas dan penilaian kinerja kabupaten/kota dalam pembudayaan kluster Germas. Diskominfo Kalsel/dok

Sebagai upaya meningkatkan koordinasi, sinergi dan sinkronisasi Program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kalsel menyelenggarakan Implementasi Lima Kluster Germas secara luring dan daring bertempat di Aula Bakumpul Sihat Dinkes Provinsi Kalsel, Banjarmasin, Rabu (21/12/2022).

Kegiatan ini bertujuan mendorong Forum Germas untuk berperan dalam pengembangan intervensi Germas sesuai dengan tatanan lingkungan dan mengevaluasi hasil penilaian kinerja kabupaten/kota dalam Pembudayaan Kluster Germas 2022. 

“Pelaksanaan Lima Kluster Germas ini memerlukan kerja sama seluruh lapisan pemerintahan lintas lembaga, SKPD maupun kabupaten/kota dan masyarakat. Forum ini sangat penting sebagai momentum untuk melakukan penyesuaian hal-hal pokok serta urgensi dalam perumusan kebijakan yang berkaitan dengan Germas,” kata Kepala Dinkes Provinsi Kalsel, Diauddin.

Diauddin berharap agar setiap SKPD mempunyai visi dan misi bersama yaitu pembudayaan Germas menuju masyarakat Kalsel yang sehat, maju dan sejahtera.

Adapun sasaran kegiatan ini yaitu Forum Germas sebanyak 23 orang dan Pengelola Program Promosi Kesehatan sebanyak tujuh orang, dengan narasumber dari Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Lingkungan Hidup serta Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang.

Pada kegiatan ini diumumkan hasil penilaian kinerja kabupaten/kota dalam Pembudayaan Kluster Germas 2022 dengan pemenang, yaitu Tata Kelola Regulasi dan Kebijakan dari Kabupaten Kotabaru, Aktivitas Fisik dari Kota Banjarmasin, Deteksi Penyakit Dini dari Kabupaten Tabalong, Penyedia Pangan Sehat dari Kabupaten Barito Kuala, Peningkatan Kualitas Lingkungan dari Kabupaten Tapin, dan Edukasi Perilaku Hidup Sehat sekaligus juara umum dari Kabupaten Hulu Sungai Selatan. MC Kalsel/YIN

Mungkin Anda Menyukai