Rakerkesda 2022, Mantapkan Pembangunan Sektor Kesehatan di Kalsel

Kepala Dinas Kesehatan Kalsel, Diauddin memukul gong pada Rakerkesda tahun 2022 di Banjarmasin, Rabu (23/11/2022). 

Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan menggelar rapat kerja kesehatan daerah (Rakerkesda) tahun 2022 di Banjarmasin.

Rakerkesda dibuka langsung oleh Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor diwakili oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Husnul Hatimah.

Husnul mengatakan, Rakerkesda 2022 ini semakin membuka wawasan serta memantapkan langkah bersama dalam menghadapi peluang dan tantangan bagi pembangunan sektor kesehatan di Kalsel.

“Salah satu tujuan utama pembangunan kesehatan adalah membangun sumber daya manusia yang berkualitas,” kata Husnul, di Banjarmasin, Rabu (23/11/2022). 

Kemudian tujuan pembangunan kesehatan telah tercantum di dalam Peraturan Presiden Nomor 72 tahun 2012 tentang Sistem Kesehatan Nasional yaitu terselenggaranya pembangunan kesehatan oleh semua komponen bangsa, pemerintah daerah, masyarakat dan badan hukum, badan usaha, lembaga, dan swasta secara sinergis berhasil guna dan berdaya guna.

Tujuan ini dilakukan dengan pelaksanaan pembangunan kesehatan yang berkesinambungan oleh Pemerintah Provinsi Kalsel melalui Dinas Kesehatan setempat dengan prioritas pada RPJMD 2021 hingga 2026 yaitu meningkatkan kualitas dan daya saing sumber daya manusia.

“Hal ini sejalan dengan tema peringatan hari Kesehatan Nasional yang ke 58 tahun ini adalah “Bangkit Indonesiaku, Sehat Negeriku”. Tema ini sangat relevan dan erat kaitannya dengan upaya yang terus dilakukan oleh pemerintah untuk terus bangkit dari situasi pandemi COVID-19 yang terjadi sejak 2 tahun ke belakang,” ujarnya.

Dikesempatan yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Kalsel, Diauddin dalam laporannya menyebutkan, Rakerkesda ini dalam rangka menyatukan langkah menyamakan persepsi dalam pembangunan bidang kesehatan.

“Melalui sinergi yang baik, Kalsel mampu berada di posisi yang lebih tinggi dalam diberbagai hal positif,” kata Diauddin. MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai