Peserta Didik Sejumlah Sekolah di HSU Antusias Kedatangan Perpustakaan Keliling

Para siswa membaca buku yang dibawa oleh Tim Perpustakaan Keliling ke sekolahnya. Dispersip Kalsel/dok

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalsel terus bergerak menggencarkan promosi minat baca dan literasi kepada masyarakat di Banua.

Dengan membawa pasukan perpustakaan kelilingnya dan ratusan buku bacaan, kali ini jajaran Dispersip Provinsi Kalsel menyambangi sejumlah sekolahan yang ada di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) seperti SD IT dan SMP IT Ihsanul Amal Alabio, Madrasah Aliyah (MA) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Ukhuwwah Amuntai, Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Ukhuwwah Amuntai, Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 18 HSU, dan Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 8 HSU.

Kedatangan perpustakaan keliling Dispersip Provinsi Kalsel inipun disambut antusias oleh ratusan peserta didik, dan para guru, serta pustakawan dari masing-masing sekolahan.

Kepala Perpustakaan SD IT Ihsanul Amal Alabio, Rahmah dan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMP IT Ihsanul Amal Alabio, Helda Yanti mengaku senang atas kunjungan perpustakaan keliling Dispersip Kalsel ke sekolah mereka, apalagi ini adalah kunjungan yang pertama.

“Alhamdulillah para murid sangat antusias, banyak sekali buku-buku yang menarik. Kunjungan ini juga mendukung program literasi di sekolahan kami, semoga kunjungan ini bisa dilakukan secara rutin dilain waktu,” ujar Rahmah dan Helda melalui siaran pers Dispersip Kalsel, Jum’at (18/11/2022).

Hal senada juga disampaikan oleh Pustakawan MTs Al-Ukhuwwah Amuntai, Risdawati dan Pustakawan MI Al-Ukhuwwah Amuntai, Sri Eva Hidayani. Menurut mereka kedatangan tim perpustakaan keliling ini sangat membantu para peserta didik untuk mendapatkan bahan bacaan yang bermutu.

“Kedatangan perpustakaan keliling ini sangat berkesan bagi anak-anak didik kami untuk mendapatkan bahan bacaan yang bagus dan menambah wawasan mereka. Mengingat koleksi buku di perpustakaan kami masih sangat terbatas,” tutur dua orang pustakawan tersebut.

Begitu pula yang dirasakan peserta didik dan pustakawan MIN 18 HSU dan MTSN 8 HSU. Supian Sauri, Kepala MIN 18 HSU dan Subhan Noor, Pustakawan MTSN 8 HSU yang berterima kasih atas kesediaan tim perpustakaan keliling Dispersip Provinsi Kalsel yang berkunjung ke sekolah mereka.

Menurut mereka, kedatangan tim perpustakaan keliling dengan ratusan buku bacaan ini memotivasi siswa-siswi mereka untuk lebih gemar membaca dan meningkatkan wawasan literasi mereka.

“Alhamdulillah kegiatan ini sangat positif bagi perkembangan minat baca anak-anak kami, semoga kunjungan ini bisa dilakukan secara rutin,” ucap Supian dan Subhan. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai