PeSOda Menjadi Ajang Untuk Menunjukkan Bakat dan Kemampuan di Bidang Olahraga

Pemerintah Provinsi Kalsel mengadakan Pekan Olahraga Daerah SOIna (PeSOda) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Tahun 2022 di Halaman Prodi PKH ULM Banjarbaru, Selasa (15/11/2022). MC Kalsel/tgh

Pekan Olahraga Daerah SOIna (PeSOda) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Tahun 2022 resmi dimulai. Ada 200 atlet se Kalsel akan bertanding pada event tersebut.

Pembukaan ditandai dengan pengalungan kartu peserta oleh Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor diwakili oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Nurul Fajar Desira didampingi Kadispora Kalsel, Hermansyah dan Ketua SOIna Kalsel, Mudiyono di halaman Prodi PKH ULM Banjarbaru, Selasa (15/11/2022).

Dalam sambutannya, Nurul Fajar Desira mengatakan PeSOda Kalsel merupakan wujud nyata pembangunan sumber daya manusia di bidang olahraga, tanpa adanya diskriminasi.

“Semoga event ini dapat berjalan dengan baik dan lancar, dapat menjadi wahana bagi para atlet, untuk menunjukkan bakat dan kemampuannya di bidang olahraga,” kata Fajar. 

Untuk itu, Pemprov Kalsel, terus berkomitmen dalam memajukan olahraga, serta memberikan apresiasi bagi mereka yang berprestasi, tanpa adanya diskriminasi.

“Melalui event PeSOda ini, saya menaruh harapan untuk kemajuan olahraga di banua. Kepada seluruh atlet dan kontingen peSOda, saya ucapkan selamat bertanding. Tunjukkan kemampuan terbaik, semangat juang yang tinggi, serta junjung tinggi sportivitas dan keselamatan bersama,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kalsel, Hermansyah menambahkan animo para peserta sangat luar biasa pada event kali ini, Ini bukti bahwa kemajuan olahraga di Kalsel sangat bagus.

Lalu, para atlet Special Olympics Indonesia (SOIna) Kalsel secara nasional cukup diperhitungkan. Bahkan pada event Pekan Special Olympic Nasional (PeSONas) di Semarang Kalsel meraih juara 3 se Indonesia.

“Tentu dari raihan prestasi tersebut, maka kita akan terus menumbuhkan talenta baru, sehingga selalu menopang ketersediaan atlet khususnya event, baik itu nasional maupun internasional,” katanya.

Selain itu, ada dua atlat SOIna Kalsel nantinya akan bergabung mewakili Indonesia pada event dunia pada pekan Paralimpiade di Jerman tahun 2023 mendatang.

“Ada dua atlet kita mewakili Kalsel ke tingkat dunia,” ungkapnya.

Untuk diketahui, kegiatan ini digelar mulai tanggal 14-17 November dengan delapan cabang olahraga yaitu bola voli, atletik, bola bocce, bulu tangkis, tenis meja, senam ritmik, dan renang.

Delapan cabor PeSODa akan dipertandingkan di empat lokasi yaitu Gedung PGSD Banjarbaru, kolam renang idaman, GOR Berkat sungai sipai Martapura, dan Wisma Sulaiman Martapura. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai