Tingkatkan Perekonomian, BKKBN Harapkan Kampung KB Biuku Menjadi Agro Wisata

Inspektur Utama BKKBN Pusat Agus Sukiswo menyampaikan sambutan pada kegiatan Kunjungan kerja ke Kampung KB Kampung Baiman di Sungai Biuku Banjarmasin, Senin (16/3/2020). MC Kalsel/tgh

Kepala BKKBN RI diwakili oleh Inspektur Utama BKKBN Pusat Agus Sukiswo melakukan Kunjungan kerja ke Kampung KB Kampung Baiman di Sungai Biuku Banjarmasin, Senin (16/3/2020).

Dalam kunjungan ini turut hadir, Walikota Banjarmasin Ibnu Sina, Ketua Tim Pengerak PKK Kota Banjarmasin Siti Wasilah, Plh Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalsel Ramlan, jajaran pegawai BKKBN Kalsel dan masyarakat setempat.

Agus Sukiswo mengatakan Kampung KB Biuku ini bisa berkembang dan ditingkatkan melalui sektor wisata yang ada disekitar seperti wisata kuliner, religi, susur sungai dan lainnya.

“Kampung KB kalau mau berkembang dan ditingkatkan dengan cara memanfaatkan sektor pariwisata,” ucapnya.

Untuk itu, lanjut Agus menerangkan BKKBN pusat telah membuat program KKBPK, Banggakencana yang diharapkan mampu menekan pernikahan dini melului pencanangan kampung KB yang dibentuk berupa rumah dataku.

Dimana Rumah Dataku harus terus mengikuti Kampung KB. Sebab poktan dan Bina remaja yang berkualitas mendukung program tersebut. “Jadi dalam kampung KB ada pembangunan keluarga. Mari kita tingkatkan kampung KB Biuku agar menjadi Kampung destinasi wisata, “ ungkapnya.

Kepala BKKBN RI diwakili oleh Inspektur Utama BKKBN Pusat Agus Sukiswo melakukan Kunjungan kerja ke Kampung KB Kampung Baiman di Sungai Biuku Banjarmasin, Senin (16/3/2020). MC Kalsel/tgh

Sementara itu, Plh Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalsel, Ramlan mengatakan Kampung KB Sungai Biuku sebagai Kampung KB yang memiliki destinasi wisata yang berperan untuk mengangkat harkat dan martabat warga sekitar.

“Disini ada wisata air dan agrowisata. Dengan berkembangnya wisata tersebut diharapkan ekonomi masyarakat dapat terangkat,” ucapnya.

Hal senanda juga disampaikan Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina mengatakan untuk tahun ini dari pemerintah kota, sebagai salah satu intervensi terhadap Kampung KB, Kampung Baiman yang ada di Sungai Andai khusnya di Sungai Biuku, sudah membebaskan lahan untuk mempertahankan kawasan agro wisata yang ada, terutama yang berbasis tanaman rambutan dan juga lahan untuk pengembangan pengolahan sampah.

“Mudah-mudahan areal yang sudah dibebaskan bisa menjadi salah satu sentral pembibitan untuk tanaman yang akan dikelola oleh Dinas Lingkungan Hidup kota Banjarmasin,” katanya.

Kegiatan juga dirangkai dengan pameran produk UMKM binaan Kampung KB Biuku dan ada pemeriksaan KB serta pemasangan implan secara gratis. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan