Sekretariat DPRD Kalsel Sampaikan Rancangan APBD 2023, Sosper dan Soswasbang Melalui Kunker

Plt Sekretaris DPRD Provinsi Kalsel, Muhammad Jaini. MC Kalsel/Ar

Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menerima Kunjungan Kerja (Kunker) DPRD Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU).

Dari Kunker tersebut, membahas terkait konsultasi rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2023, Sosialisasi Peraturan Daerah (Sosper) dan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan (Soswasbang), serta Pokok-Pokok Pikiran (Pokir) DPRD.

Plt Sekretaris DPRD Provinsi Kalsel, Muhammad Jaini mengatakan, penyusunan rancangan APBD 2023 memperhatikan arah dan kebijakan umum, strategi, Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) dalam APBD 2023.

“Pokir DPRD selaras dengan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD),” kata Jaini, Banjarmasin, Rabu (9/11/2022).

Diutarakan Jaini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel terus memacu kegiatan Sosper yang dilaksanakan dari awal 2021 dan Soswasbang itu dari perubahan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kalsel 2021 sebanyak satu kali dalam satu bulan per anggota DPRD Kalsel.

“Selanjutnya 2022, Sosper dilaksanakan sebulan dua kali dan Soswasbang tetap satu kali. Namun dalam perubahan APBD 2022, direncanakan masing-masing anggota DPRD Kalsel sebanyak dua kali dalam satu bulan,” ungkap Jaini.

Dijelaskan Jaini, DPRD Kabupaten HSU berterima kasih kepada Pemprov dan DPRD Kalsel atas kolaborasinya dalam kemajuan pembangunan jalan, jembatan dan normalisasi sungai di Kabupaten HSU.

“Memang dari mereka ingin mempelajari aturan terkait Sosper dan Soswasbang di DPRD Kalsel sehingga meaplikasikan aturan itu agar bisa diketahui oleh masyarakat di daerahnya,” tutur Jaini. MC Kalsel/Ar

Mungkin Anda Menyukai