Kenalkan Bibit Berkualitas, Persemaian Permanen BPTH Dishut Kalsel Dikunjungi Siswa

SMP Islam Terpadu Insan Madani Banjarmasin mengunjungi Persemaian Permanen UPTD BPTH, Banjarbaru, Jumat (28/10/2022). Dishut Kalsel/dok

Persemaian Permanen Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Balai Perbenihan Tanaman Hutan (BPTH) dibawah naungan Dinas Kehutanan (Dishut) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) kedatangan SMP Islam Terpadu Insan Madani Banjarmasin, dalam rangka kegiatan pembelajaran di luar sekolah (outdoor learning).

Kepala UPTD BPTH, Yudita Nurdiana mengatakan, dari mereka disini belajar tentang tanaman, cara mengembangkan dan memeliharanya.

“Alhamdulillah persemaian permanen UPTD BPTH dapat memberikan nilai positif bagi dunia pendidikan yang telah menjadi sarana edukasi outdoor bagi siswa,” kata Yudita, Banjarbaru, Jumat (28/10/2022).

Yudita menyampaikan, pihaknya telah memasang papan informasi ditiap pohon atau di area tanaman agar para siswa bisa mengenal dari proses membuat bibit, mulai dari mengisi media tanam ke polybag, menyiapkan dan menabur benih serta menyapih bibit hingga tahapan produksi lainnya, seperti menata dan pemeliharaan bibit tanaman sampai siap tanam dan distribusi bibit.

“Para siswa kami berikan juga bibit gratis untuk ditanam disekolahnya, seperti jenis cempaka, kalangkala, kepayang, meranti merah, meranti putih, mersawa dan ulin,” ungkap Yudita.

Dijelaskan Yudita, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel melalui Persemaian Permanen UPTD BPTH telah menyediakan bibit dan mendistribusikannya ke berbagai wilayah di Kalsel untuk mendukung program revolusi hijau.

“Ini memang tugas dan fungsi kami dalam penyediaan, produksi dan peredaran serta sertifikasi benih tanaman hutan,” sebut Yudita.

Dalam mendukung gerakan revolusi hijau, lanjut Yudita, diperlukan bibit berkualitas dalam jumlah yang besar dengan memperhitungkan ketepatan waktu, misalnya pada musim tanam bibit.

“Jadi kami akan terus membangun sumber benih unggul sebagai penyediaan bibit berkualitas,” kata Yudita. MC Kalsel/Ar

Mungkin Anda Menyukai