Dinsos Salurkan Bantuan Tanggap Darurat Banjir di Kabupaten HST

Penyaluran bantuan dari Dinsos Provinsi Kalsel kepada perwakilan pihak Kabupaten HST. Dinsos Kalsel/dok

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Kalsel bergerak cepat menyalurkan bantuan tanggap darurat bagi penyintas bencana banjir di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST).

Kepala Dinsos Provinsi Kalsel melalui Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial, Achmadi menyebutkan, pihaknya telah mengirimkan bantuan berupa makanan anak tambahan, makanan siap saji tambahan serta lauk pauk saji pada Kamis (27/10) malam.

“Telah kita berangkatkan beberapa personil Tagana untuk menyalurkan bantuan seperti gula, air mineral, mi instan dan juga kopi,” kata Achmadi, Banjarmasin, Jumat (28/10/2022).

Dipaparkan Achmadi, pada Senin (24/10) telah terjadi banjir yang dipengaruhi oleh tingginya curah hujan serta pasangnya air sungai yang meluap, sehingga mengakibatkan genangan air setinggi 5-10 cm di HST.

“Pada Kecamatan Barabai total terdapat 1.071 KK dan 3.580 jiwa serta di Kecamatan Batu Benawa 70 KK dan 280 jiwa dengan total keseluruhan 1.141 KK dan 3.860 jiwa terdampak banjir,” ucap Achmadi.

Saat ini pihaknya turut meninjau lokasi terdampak, mendata serta melakukan pelayanan dapur umum lapangan.

“Sementara itu info dari kawan dilapangan, Debit Air Sungai Juai, Desa Juai, Kabupaten Balangan, pada hari ini juga mengalami kenaikan penuh, oleh karenanya saat ini kami masih memantau perkembanganan selanjutnya,” kata Achmadi.

Untuk kondisi debit air, ditambahkan Achmadi, saat ini sudah mulai memasuki pekarangan warga, apabila di daerah pegunungan diguyur hujan, kemungkinan debit air akan bertambah dan air sungai akan mengalami kenaikan lagi.

“Saat ini kami yang ada di posko kantor Dinsos Kalsel standby monitor 24 jam, apabila terjadi hal yang tidak diinginkan, kami siap terjun langsung ke lapangan. Serta untuk masyarakat tetap selalu waspada akan bahaya banjir yang datang sebab saat ini kita menghadapi bencana hidrometereologi,” kata Achmadi. MC Kalsel/Rns

Mungkin Anda Menyukai