Kontingen Pencak Silat Kalsel Fokus Raih Medali di Popnas Zona III

Kontingen pencak silat Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) tengah menjalani training center (TC) persiapan menghadapi Pra Pekan Pelajar Nasional (Popnas) Zona III yang akan digelar 26 Oktober sampai 2 November 2022 di Banjarmasin dan Banjarbaru. MC Kalsel/tgh

Kontingen pencak silat Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) tengah menjalani training center (TC) persiapan menghadapi Pra Pekan Pelajar Nasional (Popnas) Zona III yang akan digelar 26 Oktober sampai 2 November 2022 di Banjarmasin dan Banjarbaru. 

Selama menjalani pemusatan latihan, kontingen pencak silat menurunkan 29 atlet yang terdiri 15 putra dan 14 putri. Agenda TC ini dipusatkan di PPLP Mulawarman Banjarmasin dan di Aula SMA 2 Banjarmasin.

“Jadi latihan dilakukan pagi dan sore setiap harinya dipusatkan di dua lokasi. TC ini sebagai fokus kami untuk meraih medali,” kata official Kontingen Pencak Silat Pra Popnas Kalsel, Tommy Firdaus, Kamis (6/10/2022).

Firdaus menerangkan, atlet yang tengah menjalani TC merupakan hasil peraih medali emas pada Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Kalsel Tahun 2022. 

“Merekalah yang dipersiapkan untuk turun diseluruh nomor yang dipertandingkan. Ada 29 medali emas yang bakal diperebutkan pada Pra Popnas nantinya,” ujarnya.

Oleh karena itu, pihaknya akan berusaha maksimal dengan menurunkan keluar penuh agar meraih medali sebanyak mungkin.

“Targetnya, meloloskan atlet sebanyak-banyaknya pada Popnas XVI 2023 di Palembang dan Kepulauan Bangka Belitung,” jelasnya.

Sementara itu, Kabid Peningkatan Prestasi Olahraga Dispora Kalsel, M Fitri Hernadi mengatakan perhelatan Pra Popnas zona III mempertandingkan 8 cabang olahraga yaitu bola basket, bola voli, bulu tangkis, pencak silat, sepak bola, sepak takraw, tenis dan tinju.

“Untuk cabang bulu tangkis dan bola voli digelar di Banjarbaru. Selebihnya dihelat di Banjarmasin. Sedangkan sepak bola, kemungkinan di Stadion Demang Lehman Martapura atau Stadion 17 Mei Banjarmasin,” kata Fitri

Untuk diketahui provinsi yang masuk zona III, yakni Kalteng, Kaltim, Kalsel, Bali, Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Banten. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai