Tampilkan Tari Tarhib Al Banjary Dalam Kemeriahan MTQN XXIX

Kasi Kesenian Bidang Kebudayaan, D. Sunjaya Adhiarso

Untuk memeriahkan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke XXIX, Pemerintah Provinsi Kalsel melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan akan menampilkan Tari Tarhib Al Banjary.

Kadisdikbud Prov. Kalsel, Muhammadun melalui Kabid Kebudayaan Raudati Hildayati menjelaskan  penampilan ini hasil dari sinergi bersama sanggar Kamilau Intan.

“Kami telah bekerja sama dengan komunitas kesenian dari Kab. Banjar untuk melaksanakan tari ini untuk ditampilkan pada pembukaan MTQN XXIX nanti,” ucapnya, Banjarmasin, Selasa (27/9/2022).

Sementara itu, Kasi Kesenian Bidang Kebudayaan, D. Sunjaya Adhiarso menambahkan Tari Tarhib al Banjary sudah mulai digarap mulai awal September tadi.

“Tari ini mengangkat tradisi melayu banjar untuk menyambut tamu kehormatan yang berkunjung ke bumi serambi mekah,” tuturnya.

Dalam penampilan tersebut nanti akan diisi seperti sinoman Hadrah, barudat dan diiringi dengan sholawat nabi.

Sementara itu, Penata Tari, Rhony Arifin mengatakan dalam penampilan tari tersebut diperlukan personil kurang lebih 40 orang.

“Saat ini untuk persiapan garapan sekitar 70 persen, kami tinggal menyiapkan properti untuk penampilan nanti,” pungkasnya. MC Kalsel/usu.

Mungkin Anda Menyukai