Perkuat Diseminasi Informasi, Diskominfo se-Kalsel segera Jalin Kerja Sama dengan LKBN ANTARA

Kepala Dinas Kominfo Kalsel, GT Yanuar Noor Rifai. MC Kalsel/Jml/dok

Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) se-Kalimantan Selatan (Kalsel) mematangkan rencana kerja sama dengan Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA melalui rapat koordinasi secara virtual, di Banjarbaru, Jumat (16/7/2021).

Kepala Dinas Kominfo Kalsel, Gusti Yanuar Noor Rifai, mengatakan kerja sama yang dilakukan terkait penyediaan videotron dan TV robot di tempat umum, khususnya tempat pelayanan publik.

“Jadi pada rapat hari ini tadi kami membahas teknis pelaksanaan MoU nya. Karena ini masih pandemi dan sulit untuk bertemu, maka diputuskan MoU akan dilaksanakan secara virtual. Rencananya videotron dan TV robot ini akan dipusatkan di tempat publik seperti mall, dan Samsat,” kata Rifai.

Rifai menuturkan, penandatanganan MoU diupayakan untuk dilaksanakan sesegera mungkin, meskipun saat ini draft kerja sama dari Pemerintah Kabupaten/Kota itu masih belum siap sepenuhnya.

“Pada rapat ini juga kami berkoordinasi dengan Kominfo Kabupaten/Kota terkait draft MoU mereka. Ternyata rata-rata draft MoU mereka masih berada di bagian hukum,” ujar Rifai.

Rifai menambahkan, untuk tahap awal, Pemerintah Provinsi dan masing-masing Pemerintah Kabupaten/Kota akan mendapatkan satu videotron. Dengan adanya kerja sama, Rifai berharap dapat memudahkan penyampaian informasi dari pemerintah baik pusat maupun daerah, khususnya informasi terkait kesehatan atau pandemi yang terjadi saat ini.

“Sementara untuk TV robot tergantung dari hasil peninjauan lapangan yang akan dilakukan oleh LKBN ANTARA. Rencananya konten pada videotron dan TV robot ini akan diisi 60 persen berita dari pemerintah pusat (LKBN ANTARA), dan 40 persennya informasi dari Pemerintah Daerah,” kata Rifai. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai