Bersinergi Siapkan Pameran MTQ Nasional Kalsel Expo 2022

Suasana Rapat Koordinasi persiapan Pelaksanaan Pameran MTQ Nasional Kalsel Expo 2022. Disdag Kalsel/dok

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) menjadi tuan rumah pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional XXIX, yang salah satu kegiatannya adalah Pameran MTQ Nasional Kalsel Expo 2022 bertempat di Taman Cahaya Bumi Selamat (CBS) Martapura, Kabupaten Banjar. 

Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Provinsi Kalsel, Birhasani mengatakan, dipilihnya Kabupaten Banjar sebagai tempat pelaksanaan dengan pertimbangan lokasi tersebut berada di tengah perkotaan dan pusat perekonomian di Kabupaten Banjar. 

“Di sekitar lokasi terdapat Pusat Perbelanjaan Permata, yakni Cahaya Bumi Selamat, pasar tradisional dan pusat kuliner serta dekat dengan tempat wisata religi juga dengan beberapa venue MTQ, harapannya sinergitas kita mampu membangkitkan perekonomian daerah Kabupaten Banjar,” kata Birhasani, saat memimpin Rapat Koordinasi persiapan Pelaksanaan Pameran MTQ Nasional Kalsel Expo 2022, di Aula Dinas KUMPP Kabupaten Banjar, Selasa (22/8/2022). 

Sebagai Koordinator Bidang Pameran, Birhasani mengungkapkan, nantinya Kalsel Expo akan digabung dengan Pameran MTQ dimana akan terdapat 246 stan.

“MTQ Nasional diselenggarakan mulai 10 hingga 19 Oktober mendatang, sementara untuk pelaksanaan pameran hanya berlangsung selama lima hari, yakni 12 – 16 Oktober, dengan pertimbangan masih dalam situasi pandemi COVID-19,” ucap Birhasani.

Birhasani menyampaikan, pameran ini akan diikuti peserta dari 34 provinsi, kementerian/lembaga, OPD Pemprov Kalsel, kabupaten/kota se-Kalsel, BUMN/BUMD dan perusahaan swasta, organisasi maupun pelaku UKM, tidak hanya itu tapi juga menargetkan beberapa negara tetangga turut berpartisipasi dalam pameran tersebut, sehingga ini menjadi pameran bersekala nasional, bahkan internasional.

“Kami juga berharap partisipasi aktif Pemkab Banjar untuk mendukung baik dari ketertibannya, lalu lintasnya dan lain-lain, berhubung jam operasional pameran akan diberlakukan mulai pukul 10.00-22.00 WITA,” harap Birhasani.

Sementara itu, Sekretaris Daerah M Hilman atas nama Pemerintah Kabupaten Banjar menyampaikan apresiasinya atas rencana kegiatan MTQ Nasional dan expo yang akan berlangsung.

“Alhamdulillah, terima kasih kami ucapkan kepada Pemprov Kalsel yang telah menetapkan Kota Martapura sebagai tempat diselenggarakannya MTQ Nasional, semoga kegiatan kita nanti berjalan lancar,” ucap Hilman.

Turut berhadir pada rapat tersebut, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kalsel, Kepala Dinas KUMPP Banjar, jajaran OPD terkait Pemkab Banjar dan event organizer untuk membahas berbagai hal terkait pelaksanaan MTQ nanti. MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai