Kesbangpol Kalsel Hadirkan Ruang Bermain Anak dan Laktasi 

Ist

Pemerintah Provinsi Kalsel melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Kalimantan Selatan menghadirkan pelayanan ruang bermain anak dan ruang laktasi bagi masyarakat di Kantor Kesbangpol Kalsel di Banjarbaru.

“Peresmian dua ruang kita lakukan berdasarkan instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2000 tentang Pengarusutamaan Gender dalam Pembangunan Nasional seluruh kementerian/lembaga dan daerah untuk mengintegrasikan gender pada setiap tahapan proses pembangunan,” ujar Kepala Kesbangpol, Heriansyah, Kamis (18/8/2022).

Kemudian tertuang juga pada Peraturan Presiden Nomor 18 Tahun 2020 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional Tahun 2020-2024 serta Surat Edaran Gubernur Kalimantan Selatan Nomor 440/281/DPPPA/Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Perencanaan Dan Penganggaran Responsif Gender (PPRG).

Menindaklanjuti Instruksi, peraturan tersebut Kesbangpol Kalsel menghadirkan Pengarusutamaan Gender (PUG) di tempat kerja.

Hal itu dimaksudkan untuk mencapai kesetaraan dan keadilan gender dalam aspek kehidupan manusia melalui kebijakan dan program yang memperhatikan pengalaman, aspirasi, kebutuhan, dan permasalahan gender.

“Kami menyadari masih banyak kekurangan dalam fasilitas terkait PUG ini, oleh karena itu kami memohon dukungan Gubernur Kalsel, Sekretaris Daerah, Ketua TP PKK Kalsel, Ketua Dharma Wanita Persatuan Provinsi Kalimantan Selatan dan semua pihak, semoga ke depannya kami dapat menyempurnakan dan merawat fasilitasi ini untuk kenyamanan masyarakat,” lanjutnya.

PUG di lingkungan Badan Kesbangpol Kalsel diresmikan langsung oleh Ketua Dharma Wanita Persatuan Provinsi Kalsel, Aminatus Alifah Roy Rizali Anwar.

Hadir pula dalam peresmian ini, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kesbangpol Kalsel, Amelia Anggreini Heriansyah, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan, Kepala Dinas P3A Prov. Kalsel, Kepala Dinas PMD Prov. Kalsel, Kepala BAPPEDA Prov. Kalsel serta Para Anggota DWP Prov. Kalsel dan Kesbangpol.

Peresmian juga dimeriahkan dengan menghadirkan Anak-anak dari TK B Pembina Banjarbaru. MC Kalsel/Fuz

Mungkin Anda Menyukai