Wakili Kwarnas, Ketua Kwarda Tutup Kemah Bela Negara

Ketua Kwartir Gerakan Pramuka Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Raudatul Jannah. Biro Adpim

Ketua Kwartir Nasional, Budi Waseso diwakilkan oleh Ketua Kwartir Gerakan Pramuka Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Raudatul Jannah menutup secara resmi pelaksanaan Kemah Bela Negara (KBN) Tingkat Nasional di Kiram Park Kabupaten Banjar, Sabtu (15/7/2023).

“Setelah satu minggu lamanya kita berinteraksi dalam perkemahan ini, akhirnya tibalah saatnya di penghujung acara, saya merasa berbahagia melihat kondisi semua peserta yang tetap dalam keadaan sehat wal’afiat,” sebut Raudatul Jannah.

Pada pembukaan kegiatan KBN ini telah disampaikan tema kegiatan yaitu “Bergerak Membela NKRI” merupakan tema yang tepat di tengah fenomena begitu banyaknya pengaruh budaya asing yang menginfiltrasi Indonesia melalui berbagai cara.

Budaya asing sedikit banyak dapat mempengaruhi jiwa, perilaku dan budi pekerti masyarakat Indonesia, tema tersebut juga dirasa tepat dalam upaya membendung berbagai hal negatif yang berkembang di kalangan masyarakat Indonesia, dan khususnya di Banua.

Hal-hal negatif banyak terjadi khususnya di kalangan remaja, penggunaan media sosial yang meluas menyebabkan makin banyak tersebarluasnya kabar bohong atau hoaks, ujaran kebencian, sampai konten-konten pornografi yang mengarah pada seks bebas, konten perilaku prank dan rekaman aktivitas kriminalitas, termasuk penyebarluasan penggunaan narkotika dan obat-obat terlarang yang saat ini juga banyak ditawarkan melalui platform media sosial.

Di samping itu, berbagai bentuk aksi terorisme dan ajakan-ajakan untuk melakukan hal tercela yang tidak sesuai dengan agama dan budi pekerti luhur bangsa juga banyak dilakukan melalui media sosial.

“Marilah kita sama-sama bergerak membela NKRI, agar jangan sampai masyarakat, bangsa dan negara kita jatuh ke dalam hal-hal yang menjerumuskan, yang pada akhirnya menyebabkan kerusakan di berbagai lini kehidupan,” lanjut Raudatul Jannah.

Sehingga melalui KBN seperti yang telah dilakukan selama sepekan ini diharapkan kepada seluruh peserta dapat menjadi yang terdepan dengan mengajak saudara, sahabat serta siapa saja untuk bergerak bersama-sama membela NKRI dengan cara menolak untuk melakukan berbagai hal negatif tersebut.

Pengetahuan dan berbagai informasi yang telah diterima selama mengikuti KBN ini patut dijadikan bekal untuk terus memperkuat semangat membela NKRI tanpa henti.

“Bagikanlah juga pengetahuan yang telah kalian dapat dalam perkemahan ini kepada saudara dan teman-teman di daerah masing-masing,” harap Raudatul Jannah. MC Kalsel/Fuz

Mungkin Anda Menyukai