Meriahkan Opop Kalsel Expo 2022, RSUD Ulin Perkenalkan Produk Ortotik Prostetik

Salah satu petugas ortotik prostetik (kanan) saat mendemokan pembuatan korset pada stand RSUD Ulin di OpOp kalsel Expo 2022, Banjarbaru, Kamis (11/8/2022). MC Kalsel/usu

Dalam memeriahkan Opop Kalsel Expo 2022 yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ulin Banjarmasin ikut berpartisipasi dengan mengenalkan ortotik prostetik.

Direktur RSUD Ulin Banjarmasin melalui Wadir Administrasi Umum dan Keuangan RSUD Ulin, Agus Dyan Nur mengungkapkan di dalam bazar ini pihaknya memberikan informasi mengenai pelayanan ortotik prostetik.

“Banyak contoh produk ortose dan prostese yang kami pajang di dalam stan untuk dikenalkan kepada masyarakat,” ucapnya, Banjarbaru, Kamis (11/8/2022).

Pelayanan ortotik prostetik merupakan salah satu pelayanan kesehatan untuk pembuatan dan pemasangan alat bantu pada pasien yang kehilangan anggota gerak tubuh dan dilakukan oleh tenaga ahli profesional.

Lanjut, ortose atau alat bantu anggota gerak tubuh, seperti chock up splint, AFO, denis brown splint, dan KAFO. Kemudian, prosentase atau alat pengganti anggota gerak tubuh seperti kaki palsu dan tangan palsu.

Selain itu, pihaknya juga membagikan bagaimana cara pembuatan korset kepada pengunjung stan.

“Kami juga membuka kesempatan kepada masyarakat dan UMKM untuk belajar membuat korset dan bisa kami bina,” tuturnya.

Pihaknya berharap dari hasil pembinaan nanti dapat membuka usaha lapangan yang baru.

“Sehingga dapat meningkatkan potensi ekonomi ke depannya,” pungkasnya. MC Kalsel/usu

Mungkin Anda Menyukai