UKW Untuk Tingkatkan Kompetensi Wartawan

Ketua PWI Kalsel, Zainal Helmie

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalimantan Selatan kembali menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan XIV di gedung PWI Kalsel.

Ketua PWI Kalsel, Zainal Helmie mengatakan pelaksanaan UKW sangat penting untuk meningkatkan kompetensi dan mendapat apresiasi dari pemerintah daerah Kalimantan Selatan.

“Pemerintah daerah khususnya Gubernur Kalsel menyampaikan UKW ini penting karena meringankan pemerintah daerah dalam hal pemberitaan dan menyampaikan kinerja yang telah dilakukan,” sebut Zainal Helmie, Senin (25/7/2022).

Diketahui jika selama ini, ancaman dan peredaran berita bohong silih berganti disuguhkan kepada masyarakat, hal itu dipicu akibat perbuatan orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Termasuk menjelang pelaksanaan pesta demokrasi 2024, Ketua PWI Kalsel menyampaikan sebagai langkah antisipasi dengan melaksanakan UKW bagi insan pers di Kalimantan Selatan.

“Kita khawatir, apalagi menjelang Pilkada tensi di media sosial maupun media mainstream pemberitaan itu mulai menghangat, tentu kawan-kawan harus mengerti bagaimana peran kita sebagai wartawan yang punya kompetensi untuk memberitakan,” lanjutnya.

Kemudian fungsi pemberitaan yang dilakukan oleh wartawan berkompeten dan profesional disebutkan dapat menjadi kontrol sosial, termasuk juga kontrol berjalannya pembangunan di daerah. 

“Tentunya tidak menghilangkan kritik, tadi juga disampaikan sambutan Gubernur Kalimantan Selatan tidak anti kritik, silakan kritik tapi kritik yang kira-kira bisa membangun daerah kita dengan baik,” sebut Helmie.

Tahun 2022, pelaksanaan UKW bagi wartawan Kalimantan Selatan disebutkan kelak mencapai 100 orang lebih yang akan dikompetensikan. MC Kalsel/Fuz

Mungkin Anda Menyukai


Uncle Hard Enduro 2022


Kalimantan Selatan, tepatnya Kiram Park kembali menjadi lintasan ajang balap internasional
"Uncle Hard Enduro" yang akan digelar pada 25 sampai 27 November 2022. Dengan konsep olahraga dan wisata (sport tourism),
ajang ini berpeluang mengenalkan keindahan alam Kalimantan Selatan ke mata dunia.

Survei ini dilakukan untuk mengetahui seberapa tahu dan tertarik masyarakat terhadap "Uncle Hard Enduro",
yang sudah kedua kalinya dilaksanakan di Kalimantan Selatan, setelah 2019 lalu.


Ya, Saya Bersedia

Tidak, terima kasih