Aktualisasikan Potensi dan Kreativitas Anak di Peringatan HAN

Kepala Dinas Sosial Kalsel, Siti Nuriyani di Peringatan HAN. MC Kalsel/Rns

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Sosial (Dinsos) Kalsel memperingati puncak Hari Anak Nasional (HAN) di Panti Perlindungan Rehabilitasi Sosial Anak dan Remaja (PPRSAR) Mulia Satria dengan tema Anak Berkualitas, Indonesia Maju, di Banjarbaru, Sabtu (23/7/2022).

Kepala Dinsos Kalsel, Siti Nuriyani mengatakan, Peringatan HAN dapat memberikan kesempatan bagi anak untuk mengaktualisasikan potensi dan kreativitas dengan penuh keceriaaan dan kemandirian.

“Mengutamakan hak anak dalam setiap aspek kehidupan sosial mulai tingkat keluarga juga masyarakat termasuk dalam penyelenggaraan tata kehidupan berbangsa dan bernegara,” kata Nuriyani.

Nuriyani mengatakan, kegiatan tersebut juga bertujuan menumbuhkan kepedulian, kesadaran, dan peran aktif masyarakat dan stakeholder dalam perlindungan dan pemenuhan hak anak.

“Anak yang bahagia memiliki peluang besar untuk dapat menjadi anak yang memiliki kapabilitas dan tanggung jawab sosial tinggi di masa dewasanya kelak,” ujar Nuriyani.

Kepala PPRSAR Mulia Satria, Ai Sumarni menyebutkan, perayaaan HAN secara rutin dilakukan sejak 1984, tidak hanya sebagai acara seremonial, tetapi diperingati sebagai tujuan mulia yang berkenaan dengan harapan baik untuk kehidupan anak-anak Indonesia.

“Pada peringatan HAN ini juga kami jadikan momen untuk memberikan apresiasi kepada anak-anak yang berprestasi disekolahnya,” kata Ai.

Disebutkannya, rangkaian peringatan HAN di PPRSAR Mulia Satria pihaknya menyelenggarakan berbagai lomba untuk anak-anak yaitu lomba pidato, lomba mewarnai, lomba futsal antar wisma, serta lomba syair ramadan antar wisma.

“Kita berikan hadiah berupa peralatan sekolah, piagam serta uang pembinaan. Selamat Hari Anak Nasional, biarkan setiap anak Indonesia tumbuh bebas, cerdas, dan ceria,” ucap Ai. MC Kalsel/Rns

Mungkin Anda Menyukai