Tingkatkan Kualitas Perpustakaan Daerah, Dispersip Kalsel Berikan Pembinaan Akreditasi

Kegiatan Pembinaan Perpustakaan kabupaten/kota se-Kalimantan Selatan oleh Dispersip Kalsel bekerja sama dengan Dispersip Batola. MC Kalsel/Jml

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalimantan Selatan (Kalsel) terus berupaya meningkatkan kualitas perpustakaan daerah di kabupaten/kota se-Kalsel agar dapat terakreditasi.

Bersama Dispersip Kabupaten Barito Kuala (Batola), Dispersip Kalsel memberikan pembinaan kepada guru dan relawan pustakawan dari berbagai kecamatan dan sekolah setempat.

Kepala Dispersip Kalsel, Nurliani Dardie diwakili Kepala Bidang Pelayanan dan Pembinaan, Wildan Akhyar mengatakan, pembinaan ini penting dalam memperkuat kapasitas pengelolaan perpustakaan yang ada di tingkat kabupaten/kota, sekaligus menggali informasi yang diperlukan dalam konteks pengelolaan perpustakaan di era yang semakin maju.

“Program ini berkaitan dengan masih minimnya perpustakaan di Kalsel yang mengikuti akreditasi, bahkan tahun lalu, baru ada 124 perpustakaan,” kata Wildan, melalui siaran pers Dispersip Kalsel, Banjarmasin, Senin (25/7/2022).

Wildan menambahkan, hal ini menjadi tantangan bagi pihaknya agar semua perpustakaan daerah di Kalsel dapat terakreditasi.

“Melalui pembinaan yang menyasar kabupaten/kota ini, kita ingin menghimpun kendala dan mencari solusi untuk peningkatan akreditasi perpustakaan daerah di Banua,” ucap Wildan.

Sementara itu, Sekretaris Dispersip Batola, Ratna Sari Dewi menyambut baik kegiatan ini, terlebih menurutnya di era digital saat ini perpustakaan juga harus mengikuti perkembangan zaman.

“Sehingga perlu adanya pembinaan pustakawan dalam mengimbangi perkembangan zaman tersebut,” ungkap Dewi.

Dewi juga menambahkan, pihaknya akan mempunyai gedung perpustakaan baru, dengan standar nasional di kawasan perkantoran Pemerintah Kabupaten Batola. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai


Uncle Hard Enduro 2022


Kalimantan Selatan, tepatnya Kiram Park kembali menjadi lintasan ajang balap internasional
"Uncle Hard Enduro" yang akan digelar pada 25 sampai 27 November 2022. Dengan konsep olahraga dan wisata (sport tourism),
ajang ini berpeluang mengenalkan keindahan alam Kalimantan Selatan ke mata dunia.

Survei ini dilakukan untuk mengetahui seberapa tahu dan tertarik masyarakat terhadap "Uncle Hard Enduro",
yang sudah kedua kalinya dilaksanakan di Kalimantan Selatan, setelah 2019 lalu.


Ya, Saya Bersedia

Tidak, terima kasih