Asah Kemampuan Pecatur Kalsel Melalui Festival Pertandingan Catur Cepat

Pertandingan eksebisi antara Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor diwakili oleh Asisten Bidang Pemerintahan Dan Kesra Sekretariat Daerah Kalimantan Selatan (Kalsel), Nurul Fajar Desira (kanan) melawan Wakil Ketua Percasi Kalsel, M Amin (kiri) pada Festival Pertadingan catur cepat terbuka se-Kalsel piala Gubernur Kalsel resmi di gelar di Aula Rektor ULM Banjarmasin, Sabtu (25/6/2022). MC Kalsel/tgh

Festival pertandingan catur cepat terbuka se-Kalsel piala Gubernur Kalsel resmi digelar di Aula Rektor ULM Banjarmasin.

Kegiatan tersebut ditandai dengan pertandingan  antara Gubernur l Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor diwakili oleh Asisten Bidang Pemerintahan Dan Kesra Sekretariat Daerah Kalsel, Nurul Fajar Desira melawan Wakil Ketua Percasi Kalsel, M Amin.

Nurul Fajar Desira mengatakan kegiatan festival olahraga catur cepat ini sebagai bagian dari proses pembinaan, pengembangan dan asah kemampuan pecatur di Kalsel.

“Pengembangan catur harus dilakukan sedini mungkin mengingat permainan olah pikir ini cukup kompleks dan penuh strategi sehingga memerlukan latihan yang intens,” kata Fajar saat membacakan sambutan tertulis Gubernur, Sabtu (25/6/2022).

Menurutnya, Kalsel patut berbangga karena 

salah satu dari 10 provinsi penyumbang pecatur bergelar terbanyak di Indonesia. 

Potensi besar pemain catur banua untuk menembus kancah nasional dan internasional sangat terbuka lebar. 

“Saya harapkan KONI daerah dan Percasi Kalsel dapat lebih sering mengadakan even pertandingan catur, sebagai langkah untuk mendongkrak rating para pecatur banua agar lebih mudah mencapai gelar fide master bahkan menjadi Grandmaster Indonesia,” ujarnya.

Ia mengharapkan kepada para peserta yang bertanding di kejuaraan ini dapat memberikan kemampuan terbaik, dan selalu berusaha keras di setiap pertandingan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kalsel, Hermansyah mengatakan kegiatan festival catur cepat piala paman birin ini diikuti kurang lebih 146 pecatur se-Kalsel dan diikuti oleh pecatur gelar grand master.

Lanjut, Ia menuturkan, ajang ini sebagai wadah untuk menjaring bibit-bibit muda pecatur melalui kompetisi.

“Mudah-mudahan acara seperti ini akan terus diprogramkan, sehingga olahraga catur bisa menjadi andalan Kalsel di even nasional maupun internasional,” pungkasnya. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai