Disdag Fasilitasi UKM Pada Kunjungan Misi Dagang Kalsel-Jabar

Penandatanganan Komitmen Bersama antara Kepala Disdag Kalsel dengan Kepala Disperindag Jabar. Disdag Kalsel/dok

Dinas Perdagangan (Disdag) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) kembali menggelar Kunjungan Misi Dagang dengan Pelaku Usaha Jawa Barat (Jabar) yang diikuti 11 pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Kalsel dengan menawarkan berbagai komoditas dan produk unggulan Kalsel, Banjarmasin, Kamis (16/6/2022).

“Kegiatan ini bertujuan memfasilitasi dan memperluas akses pasar produk UKM Kalsel ke berbagai daerah di Indonesia, guna saling mendukung pemenuhan kebutuhan masyarakat kedua daerah, juga sebagai pengembangan usaha bagi pedagang maupun industri,” kata Kepala Disdag Kalsel, Birhasani.

Birhasani menjelaskan, telah dilakukan analisa peluang pasar komoditas dan produk Kalsel di Jabar, seperti sasirangan, kemiri, kayu manis, produk Shorgun, arang Halaban, hasil perikanan air tawar, dan produk kerajinan lain. Begitu pula produk dari Jabar yang diperlukan untuk masyarakat Kalsel, seperti konveksi, produk kerajinan dan bahan pendukung industri di Kalsel.

“Analisa peluang pasar tersebut ternyata cukup tepat, dan secara real kegiatan misi dagang kali ini mampu memberi dampak positif dengan terjadinya transaksi sebesar Rp199.243.640.000,00 dengan target kontrak untuk satu tahun kedepan,” ujar Birhasani.

Birhasani mengatakan, Kalsel kedepannya akan seperti Jabar, sebagai pintu gerbang dan penyangga pangan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Dikesempatan tersebut juga telah ditandatangani Komitmen Bersama antara Kepala Disdag Kalsel dengan Kepala Disperindag Jabar, untuk saling bekerja sama mendukung kelancaran distribusi dan suplai barang serta promosi perdagangan kedua daerah. MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai