Tingkatkan Gizi, Disbunnak Kalsel Dorong Masyarakat Konsumsi Telur, Susu dan Daging

Wakil Ketua 3 Bidang Ketahanan Pangan, Tim Penggerak PKK Provinsi Kalsel, Sukmawati Rusdi Hartono (kerudung hijau), Ketua TP PKK Kabupaten Banjar, Nurgita Tiyas (kerudung putih), dan Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Disbunnak Kalsel, Rina Savita (pakai topi) pada kegiatan Aksi Bersama Cegah Stunting di Desa Sungai Musang, Kecamatan Aluh-Aluh, Kabupaten Banjar, Sabtu (4/6/2022). Disbunnak Kalsel/dok

Dalam rangka meningkatkan gizi masyarakat untuk mencegah stunting, Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) dorong masyarakat mengonsumsi telur, susu dan daging.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Disbunnak Kalsel, Rina Savita mengatakan, pada kegiatan aksi cegah stunting di Kabupaten Banjar pihaknya melakukan sosialisasi gerakan makan telur dan minum susu dalam rangka pemenuhan gizi agar kecerdasan anak meningkat.

“Jadi pada aksi cegah stunting, kami Disbunnak Kalsel membagikan 100 produk peternakan kepada anak sekolah dasar,” kata Rina, usai kegiatan Aksi Bersama Cegah Stunting di Desa Sungai Musang, Kecamatan Aluh-Aluh, Kabupaten Banjar, Sabtu (4/6/2022).

Rina mengatakan, konsumsi telur masyarakat Kalsel saat ini sudah cukup baik, bahkan sebagian besar sudah menjadikan telur sebagai alternatif untuk mencukupi kebutuhan protein.

Sedangkan, konsumsi susu masyarakat Kalsel masih perlu ditingkatkan, karena masyarakat memandang susu hewan itu mahal harganya. 

Namun dengan adanya Kampaye Gerakan Gemar Minum Susu (Gerimis) oleh Disbunnak Kalsel, sekarang anak-anak mulai paham akan pentingnya minum susu untuk kesehatan.

“Dengan mengkonsumsi susu maka akan meningkatkan daya pikir dan kecerdasan serta meningkatkan daya tahan tubuh dan kalsium bagi anak,” kata Rina. MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai