Pengguna Trans Banjarbakula Mulai Beradaptasi Gunakan e-Money

Kumpulan Bus Trans Banjarbakula “Teman Bus” di Terminal Gambut Barakat, Banjar, Kamis (2/6/2022). MC Kalsel/scw

Usai tiga bulan beroperasi, moda transportasi massal milik Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Dinas Perhubungan Kalimantan Selatan pada program Buy The Service (BTS) “Teman Bus”, terhitung tanggal (1/6) Bus Trans Banjarbakula mulai beradaptasi menggunakan e-money untuk metode pembayarannya, Banjar, Kamis (2/6/2022).

“Pembiasaan menggunakan kartu ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat agar tidak akan terkejut jika sudah ditetapkan mengenai tarif Teman Bus,” kata Kepala Seksi Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Badan Pengelola Transportasi Darat Wilayah XV Kalsel, Ade Supriadi. 

Ade mengatakan, meskipun saat ini dibiasakan untuk menempelkan kartu pada mesin bayar bus, masyarakat tidak dikenakan biaya untuk perjalanan alias masih gratis dan hanya membiasakan menempelkan kartu.

“Meskipun kartu tidak ada saldonya, tidak menjadi masalah karena masih gratis,” kata Ade.

Ade menyebutkan, untuk e-money banyak dijual di minimarket, bank dan Koperasi Garuda Biru Barakat di Terminal Gambut Barakat dengan harga variatif disetiap tempatnya. E-money yang digunakan dari BNI, BRI, BCA dan Bank Mandiri.

Melalui pembiasaan ini, Ade mengharapkan, program pemerintah dengan kembali menggunakan angkutan umum ini, dapat mengurangi macet dan polusi udara. MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai