Tingkatkan Kualitas Inovasi Daerah, Pemprov Kalsel Laksanakan Sosialisasi Inovasi Daerah tahun 2022

Sosialisasi Inovasi Daerah di Gedung KH Idham Khalid, Banjarbaru, Selasa (17/5/2022).

Dalam rangka meningkatkan kualitas serta kuantitas Inovasi Daerah di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Pemerintah Provinsi Kalsel melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Provinsi Kalsel melaksanakan kegiatan “Sosialisasi Inovasi Daerah tahun 2022 di Provinsi Kalimantan Selatan”.

Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel, Roy Rizali Anwar mengatakan, pelaksanaan sosialisasi ini merupakan momentun kepada perangkat daerah untuk menciptakan iklim inovasi yang berjalan dengan baik dan berkelanjutan.

“Diharapkan seluruh aspek pemerintahan, baik dalam tata kelola pemerintahan maupun pelayanan publik, mampu untuk terus berinovasi yang dianggap relevan dan sejalan dengan perkembangan terkini di era digital sekarang ini, karena pemerintahan dan pelayanan publik khususnya di daerah  dituntut untuk cepat beradaptasi kemajuan teknologi informasi dan komunikasi saat ini,” ucapnya, Banjarbaru, Selasa (17/5/2022).

Sementara itu, Kepala Balitbangda Kalsel, Muhamman Amin menambahkan, kegiatan inovasi dapat diartikan sebagai proses pengembangan pengetahuan, untuk menciptakan atau memperbaiki sistem baru yang memberikan nilai berarti secara signifikan.

“Majunya suatu bangsa sangat ditentukan oleh inovasi yang dilakukan bangsa tersebut, untuk itu, maka diperlukan adanya perlindungan terhadap kegiatan yang bersifat inovatif ini khususnya para inovator daerah,” tuturnya.

Maka dari itu, pihaknya berharap dengan sosialisasi inovasi daerah ini, dapat selalu menggelorakan semangat berinovasi untuk terciptanya iklim inovasi yang berkelanjutan di Banua.

“Apalagi di tengah kondisi saat ini, Indonesia sedang menghadapi situasi Revolusi Industri 4.0 dan pandemi COVID-19, sehingga diperlukan berbagai inovasi dalam menghadapi kondisi tersebut,” tegasnya.

Selain itu, Kepala Bidang Inovasi dan Teknologi Balitbangda Provinsi Kalsel, Murwany Viviane Antang mengungkapkan, untuk narasumber sosialisasi ini yaitu Kepala Pusat Inovasi Daerah Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri, Kementerian Dalam Negeri, Matheos Tan.

“Nantinya beliau memaparkan materi tentang sosialisasi inovasi terkait strategi peningkatan kapasitas aparatur yang inovatif,” pungkasnya. MC Kalsel/usu

Mungkin Anda Menyukai