Hindari Penyakit, Direktur RSUD Ansari Saleh Meminta Masyarakat Terapkan PHBS

Direktur RSUD Ansari Saleh Banjarmasin, Among Wibowo. MC Kalsel/Ar

Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ansari Saleh Banjarmasin, Among Wibowo, meminta kepada masyarakat untuk bisa menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di lingkungannya masing-masing.

“Jadi, PHBS itu merupakan perilaku kesehatan yang dilakukan oleh diri sendiri, keluarga dan masyarakat dalam upaya untuk menjaga kesehatan dan mencegah terjangkitnya suatu penyakit,” kata Among, di Banjarmasin, Rabu (18/5/2022).

Among mengingatkan kepada masyarakat agar lebih baik mencegah daripada mengobati.

“Manfaat PHBS yang paling utama adalah memiliki kesadaran untuk menjalankan perilaku hidup bersih dan harapannya bisa menjadi budaya masyarakat dalam menjaga kebersihan sesuai standar kesehatan,” kata Among.

Among menjelaskan, beberapa penyakit menular banyak ditemukan di masyarakat seperti diare, hepatitis dan infeksi saluran pernafasan yang berasal dari perilaku kurang bersih dari masyarakat sehingga mempengaruhi kesehatan.

“Oleh sebab itu, dalam upaya pencegahan penyakit bisa menerapkan PHBS yang menjadi solusi bagi masyarakat agar terhindar dari penyakit tersebut,” kata Among.

Menurut Among, perlu dilakukan edukasi berkelanjutan dan penyampaian informasi kepada masyarakat, terutama para kader Posyandu agar bisa memahami cara penerapan PHBS. MC Kalsel/Ar

Mungkin Anda Menyukai