Bersihkan Hutan Pinus Mentaos, Dishut Kalsel Segera Tambah Sarpras Pendukung

Dishut Kalsel berdiskusi usai melakukan pembersihan kawasan Hutan Pinus Mentaos Banjarbaru. Dishut Kalsel/dok

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Kehutanan (Dishut) membersihkan kawasan Hutan Pinus Mentaos Banjarbaru, sekaligus menanam pohon ulin, meranti, dan tanaman hias.

Kepala Dishut Kalsel, Fathimatuzzahra, mengatakan pihaknya akan menambah Sarana dan Prasarana (sarpras) di kawasan Hutan Pinus Mentaos Banjarbaru untuk kenyamanan pengunjung dalam berekreasi.

“Jadi, akan ditambah sarpras berupa pos jaga untuk memberikan rasa aman bagi para pengunjung dan tetap bekerja sama dengan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) sebagai bentuk melibatkan peran masyarakat dalam pemanfaatan hutan sebagai cara pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Fathimatuzzahra, Banjarbaru, Jumat (13/5/2022).

Fathimatuzzahra mengatakan, Hutan Pinus Mentaos dikelola oleh Pokdarwis Banjarbaru yang dijadikan sebagai kawasan rekreasi untuk masyarakat.

“Hutan Pinus Mentaos memiliki lahan seluas dua hektar dan tumbuhan di kawasan ini didominasi oleh pohon pinus,” kata Fathimatuzzahra.

Guna meningkatkan kenyamanan dan keamanan pengunjung, nantinya di Hutan Pinus Mentaos akan diberlakukan retribusi yang dimanfaatkan untuk pemeliharaan dan perbaikan sarpras pendukung.

“Penarikan retribusi itu sebagai bentuk kontribusi hutan terhadap pendapatan daerah,” kata Fathimatuzzahra. MC Kalsel/Ar

Mungkin Anda Menyukai