Desa Wisata Kubah Basirih Masuk 50 Besar ADWI 2022

Kepala Dispar Kalsel, M Syarifuddin, di Banjarmasin, Jumat (13/5/2022). MC Kalsel/Jml

Desa Wisata Kubah Basirih Kota Banjarmasin berhasil masuk 50 besar dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2022 oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kalimantan Selatan (Kalsel), M Syarifuddin, bersyukur salah satu desa wisata di Kalsel berhasil masuk dalam 50 besar ADWI tahun 2022, pihaknya pun akan berkoordinasi dengan pengelola Desa Wisata Kubah Basirih untuk persiapan penilaian 10 besar Desa Wisata.

“Alhamdulillah Desa Wisata Religi Kubah Basirih masuk 50 besar ADWI tahun 2022. Sebentar lagi tim penilai dari pusat akan datang ke Kalsel untuk menilai Kubah Basirih, semoga Kubah Basirih bisa masuk 10 besar. Saya harap semua elemen tidak hanya Pemerintah Provinsi tapi juga Pemerintah Kota Banjarmasin bisa mendukung hal ini,” kata Syarifuddin, Banjarmasin, Jum’at (12/5/2022).

Syarifuddin menambahkan, masuknya Desa Wisata Kubah Basirih dalam 50 besar ADWI 2022 merupakan suatu peningkatan, dimana pada ADWI tahun 2021 Desa Wisata Pagatan Besar, Kabupaten Tanah Laut, hanya bisa masuk 300 besar.

“Alhamdulillah tahun ini ada peningkatan Desa Wisata kita pada ADWI tahun 2022 ini yang cukup siginifikan, dimana pada 500 besar ada enam desa wisata kita yang masuk, kemudian 100 besar ada dua desa wisata yang masuk, dan 50 besar satu desa wisata yang masuk. Ini merupakan suatu peningkatan dimana pada tahun 2021 lalu kita hanya bisa masuk di 300 besar saja,” kata Syarifuddin.

Lebih jauh Syarifuddin berharap, masuknya Desa Wisata Kubah Basirih dalam 50 besar ADWI tahun 2022 bisa menjadi motivasi bagi Dinas Pariwisata dan pengelola desa wisata di Kabupaten/Kota untuk lebih meningkatkan pengembangan desa wisata setempat.

“Semoga teman-teman di Kabupaten/Kota lain termotivasi dan bisa meningkatkan pengembangan desa wisata dan potensinya masing-masing. Dengan kita mengembangkan desa wisata, kita juga secara tidak langsung membantu mengembangkan perekonomian masyarakat setempat,” kata Syarifuddin. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai