Peringati Hari Bumi, Dishut Kalsel Ajak Masyarakat Jaga Lingkungan dengan Menanam Pohon

Kepala Dishut Kalsel, Fathimatuzzahra (kiri), Banjarmasin, Jumat (22/4/2022). Dishut Kalsel/dok

Memperingati Hari Bumi yang jatuh pada tanggal 22 April, Dinas Kehutanan (Dishut) Kalimantan Selatan (Kalsel) mengajak semua pihak untuk bisa menjaga lingkungan, salah satunya dengan menanam dan memelihara pohon.

“Jadi, Hari Bumi ini harus diperingati setiap harinya, karena dari kami rutin dalam melaksanakan penanaman dan pemeliharaan pohon,” kata Kepala Dishut Kalsel, Fathimatuzzahra, Banjarmasin, Jumat (22/4/2022).

Fathimatuzzahra mengatakan, menanam pohon dapat memberikan manfaat yang lebih luas, baik untuk manusia maupun lingkungan.

“Maka dari itu, kolaborasi dan sinergitas sangat diperlukan dalam perbaikan lingkungan, dan menghijaukan Kalsel,” ujar Fathimatuzzahra.

Fathimatuzzahra pun mengimbau agar semua stakeholder berperan aktif dalam menyukseskan gerakan revolusi hijau yang dicanangkan oleh Gubernur Kalsel, sebagai upaya rehabilitasi lahan kritis.

“Dari perbaikan lahan kritis dapat mendukung upaya menurunkan potensi banjir, dan pemanasan global,” ucap Fathimatuzzahra.

Fathimatuzzahra juga mengatakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel mendukung pelestarian lingkungan dengan memberikan akses pengelolaan hutan kepada masyarakat melalui perhutanan sosial yang bisa dimanfaatkan dengan sistem agroforestri antara tanaman kehutanan, tanaman semusim, dan peternakan, agar masyarakat dalam dan sekitar hutan dapat sejahtera.

“Jadi, untuk mewujudkan hutan lestari masyarakat sejahtera itu harus berkolaborasi dengan semua pihak, baik itu dari instansi pemerintah maupun swasta,” tukas Fathimatuzzahra. MC Kalsel/Ar

Mungkin Anda Menyukai