Pemprov Kalsel Terus Gencarkan Vaksinasi COVID-19 Hingga Malam Hari

Layanan vaksinasi malam hari oleh jajaran Kabupaten/Kota dan TNI/Polri. Foto Humas Dinkes Kalsel.

Selain menggencarkan vaksinasi bergerak di bulan ramadan, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) berkolaborasi dengan Kabupaten/Kota menggelar layanan gerai vaksinasi hingga malam hari guna mempercepat capaian vaksinasi Kalsel.

Hal tersebut disampaikan Plt Kepala Dinas Kesehatan Kalsel, Sukamto kepada media center usai kegiatan vaksinasi bergerak di Tabalong, Senin (11/4/2022).

Sukamto mengatakan untuk mempercepat capaian vaksinasi, pihaknya berkolaborasi dengan TNI/Polri dan Kabupaten/Kota di bulan ramadan dengan membuka sentral vaksinasi dirumah ibadah, pasar wadai, dan tempat lainnya

“Ini upaya pro aktif Pemprov Kalsel untuk meningkatkan cakupan vaksinasi COVID-19 di Kabupaten/Kota. Dimana kita harus meningkatkan capaian dosis dua dan tiga (Booster),” katanya.

Menurutnya, berdasarkan data capaian vaksinasi Provinsi Kalimantan Selatan pertanggal 10 April 2022 untuk dosis satu 92,15 persen. Dosis kedua 69,47 persen, dan dosis booster 11,51 persen. 

“Jika dilihat berdasarkan data vaksin dosis satu, alhmadulillah sudah tercapai, dosis dua tinggal sedikit. Booster perlu kita tingkatkan capaiannya hingga 70 persen. Oleh karena itu Kabupaten/Kota diharapkan dapat terus menggencarkan vaksinasi,” tuturnya.

Selain itu, animo masyarakat yang sangat tinggi untuk melakukan vaksinasi di bulan ramadan, ditambah lagi vaksin bergerak yang digagas oleh Gubernur Kalsel sangat membantu dalam capaian vaksinasi Provinsi Kalsel.

“Karena di bulan ramadan banyak masyarakat yang beribadah di masjid atau tempat lainnya, apalagi kalau mudik masyarakat yang komplit vaksinasi satu, dua dan tiga tidak ada syarat antigen atau PCR. Sedangkan cuma vaksin satu wajib PCR dan dua wajib antigen,” pungkasnya. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai