Momentum Refleksi Pembangunan Kesehatan di Kalsel pada Peringatan HKN ke-55

Asisten Bidang Pemerintahan, Siswansyah (dua kanan) memotong nasi tumpeng pada malam puncak HKN ke-55 di salah satu hotel berbintang, Banjarmasin, Rabu (20/11/2019). MC Kalsel/Jml

Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55, hendaknya dijadikan sebagai momentum untuk merefleksikan kegiatan pembangunan kesehatan di Kalimantan Selatan.

Hal tersebut disampaikan oleh Asisten Bidang Pemerintahan, Siswansyah mewakili Gubernur Kalsel pada malam puncak HKN ke-55 di salah satu hotel berbintang, Banjarmasin, Rabu (20/11/2019).

Siswansyah mengajak seluruh insan kesehatan, khususnya jajaran Dinas Kesehatan Kalsel untuk melayani dan menangkap aspirasi masyarakat agar pembangunan kesehatan di Kalsel lebih baik lagi.

“Mari kita kobarkan semangat melayani, semangat menggerakkan, semangat untuk mampu menangkap aspirasi masyarakat, semangat memandirikan dan memberdayakan masyarakat dalam pencapaian derajat kesehatan yang lebih baik lagi,” kata Siswansyah.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Selatan, Muslim mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan berbagai kegiatan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Kalsel.

Dijelaskannya, untuk memeriahkan HKN ke-55, Dinkes Kalsel telah melakukan berbagai kegiatan diantaranya, seminar, bakti sosial kesehatan seperti pemeriksaan IVA, sunatan massal, operasi katarak, pengobatan gratis, penilaian kinerja pembangunan bidang kesehatan kabupaten/kota, penilaian posyandu dan kadernya, penilaian tenaga kesehatan berprestasi, sekolah sehat, dokter kecil, kader kesehatan remaja, Posbindu, dan berbagai kegiatan lainnya.

Ditambahkan Muslim, pihaknya ingin menjadikan momentum HKN ke-55 sebagai pengingat kepada publik bahwa derajat kesehatan masyarakat yang tinggi akan terwujud apabila semua komponen bangsa berperan serta dalam upaya peningkatan kesehatan.

“Hal tersebut bisa dilakukan dengan lebih memprioritaskan upaya promotif dan preventif, dan semakin menggalakkan serta melembagakan gerakan masyarakat hidup sehat,” kata Muslim.

Dengan semakin banyak pihak yang terlibat, lanjutnya, potensi untuk bergerak sinergis semakin besar. “Sehingga keunggulan bangsa khususnya Kalsel dalam pembanguanan kesehatan dapat dicapai,” tukasnya. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan