BNPT dan FKPT Kalsel Bangun Kewaspadaan Dini melalui Warung NKRI

Peresmian Warung NKRI oleh BNPT, Pemprov dan FKPT Kalsel, di Kabupaten Banjar, Selasa (22/3/2022). MC Kalsel/Jml

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bersama Forum Komunikasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Kalimantan Selatan (Kalsel) meresmikan Warung (Wadah Akur Rukun Usaha Nurani Gelorakan) NKRI di Komplek Perumahan Citraland, jalan Ahmad Yani Km 7, Kabupaten Banjar, Selasa (22/3/2022).

Kepala BNPT, Komjen. Pol. Boy Rafli Amar mengatakan Warung NKRI ditujukan sebagai wadah untuk para kawula muda dalam membangun kewaspadaan dini terhadap ideologi yang bertentangan dengan Pancasila.

Ancaman ideologi radikal terorisme, lanjutnya, dapat menyerang siapa pun dan dimanapun, tak terkecuali di dunia industri yang merupakan motor penggerak ekonomi.

“Selain itu Warung ini juga kita tujukan sebagai wadah untuk memupuk rasa cinta kepada NKRI. Ini sangat penting, apalagi di era globalisasi, dimana dunia bergerak tanpa batas (borderless), agar generasi muda tidak lupa dengan identitas bangsa kita,” kata Komjen. Pol. Rafli.

Sementara itu, Gubernur Kalsel yang diwakili Staf Ahli Bidang Pemerintah, Hukum dan Ekonomi, Sulkan, berharap keberadaan Warung NKRI sebagai wadah memupuk kewaspadaan dini ini mampu merevitalisasi dan memperkuat semangat kebangsaan dan nasionalisme kalangan generasi muda dalam rangkaian pencegahan paham radikal demi keutuhan dan kesatuan NKRI

“Saya juga mengimbau kepada seluruh masyarakat khususnya generasi muda di Banua untuk meningkatkan kewaspadaan dan membentengi diri dari paham radikal, utamanya yang ada di media sosial,” kata Sulkan.

Pada kesempatan ini BNPT juga melaksanakan Dialog Kebangsaan yang mengusung tema “Merawat Keberagaman Menangkal Radikal Terorisme Menuju Indonesia Harmoni” dan menghadirkan narasumber berkompeten seperti Kepala BNPT, Komjen. Pol. Boy Rafli Amar, Rektor Universitas Muhammadiyah Banjarmasin, Ahmad Khairuddin, dan tokoh agama, Ustadz Adam Noor Syarkawi. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai