Jaga Mutu, BPSMB Kalsel Lakukan Uji Banding Laboratorium Kalibrasi Regional Kalimantan

Uji profesiensi di BPSMB Kalsel. MC Kalsel/dok

Balai Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang (BPSMB) Dinas Perdagangan Kalimantan Selatan (Kalsel) menyelenggarakan uji profesiensi laboratorium kalibrasi regional Kalimantan, yang merupakan evaluasi perbandingan kinerja laboratorim terhadap kriteria yang ditetapkan.

“Uji profesiensi ini dilaksanakan sebagai upaya menjamin tetap terjaganya mutu sesuai SNI ISO/ IEC 17025: 2017 dan sebagai upaya untuk terus mempertahankan status akreditasi pada laboratorium kalibrasi,” kata Kepala BLUD UPTD BPSMB Kalsel, Tanwiriah, Banjarbaru, Senin (21/3/2022).

Tanwiriah menyebutkan, pengujian dilakukan selama tiga hari dipandu oleh Kepala Seksi Teknis Pengujian dan Kalibrasi, dengan peserta dari UPTD BPSMB Kalimantan Barat, UPTD BPSMB Kalimantan Timur, dan UPTD BPSMB Kalimantan Tengah.

Pada kesempatan tersebut, Tanwiriah pun mengimbau pelaku usaha yang memiliki produk ataupun instansi pemerintahan yang mempunyai laboratorium untuk selalu menjaga kualitas mutu barang dan jasa, keselamatan kerja, kesehatan, dan keamanan dengan disiplin melakukan kalibrasi terjadwal.

“Dipilihnya BPSMB Disdag Prov Kalsel sebagai laboratorium kegiatan ini menunjukkan bahwa laboratorium BPSMB Prov Kalsel sejajar dengan provinsi lain. Kami berharap keberadaan BPSMB Disdag Kalsel dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin,” ujar Tanwiriah. MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai