Dispersip Jateng Pelajari Pengembangan Literasi di Kalsel

Dispersip Kalsel/dok

Raihan prestasi Indeks Pembangunan Literasi (IPL) tertinggi se-Indonesia ditambah dengan gencarnya promosi literasi yang digaungkan, menarik perhatian Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Jawa Tengah (Jateng) untuk belajar langsung kiat-kiat yang diterapkan Dispersip
Kalimantan Selatan (Kalsel) dalam mengembangkan literasi di Banua.

Kepala Diseperip kalsel, Nurliani Dardie, mengatakan pengelolaan bidang kearsipan Dispersip Jateng merupakan yang terbaik kedua di Indonesia, sehingga Ia pun mengaku senang dengan kunjungan tersebut.

“Setiap wilayah tentu punya keunggulan masing-masing, apalagi saya tahu kearsipan mereka sangat bagus pengelolaanya dan langkap sarananya, sehingga kedepan saya rasa perlu membawa bidang kearsipan kami,” tutur Nurliani, Banjarmasin, Kamis (17/3/2022).

Sementara itu, Kepala Dispersip Jateng, Edy Supriyanta, mengakui pesatnya kemajuan bidang perpustakaan dan kearsipan Kalsel, yang terlihat dari pelayanan yang diberikan serta fasilitas yang cukup lengkap. Ia pun berkenan menjadi anggota perpustaakaan Palnam di akhir kunjungan.

“Kami telah mendengar banyak tentang perpustakaan ini, dan memang saya lihat kemajuanya sangat pesat sekali, sehingga kami ingin belajar terkait pengembangan perpustakaan disini,” kata Edy.

Edy pun mengapresiasi kepemimpinan Nurliani Dardie, yang berhasil menyabet gelar pertama sebagai penerima Nugrajasa Dharma Pustaloka tahun 2021.

“Intinya kami sangat bangga dengan arsip dan perpustakaan Kalsel,” kata Edy. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai