Hadirnya Stroke Center RSUD Moch Ansari Saleh Memberikan Harapan Baru Pelayanan Pasien

Direktur RSUD Moch Ansari Saleh Banjarmasin, Among Wibowo. MC Kalsel/Ar

Sesuai visi dan misinya, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Moch Ansari Saleh Banjarmasin terus mengupayakan pengembangan pelayanan unggulan di bidang penyakit saraf, yaitu membuka Stroke Center berkapasitas 10 tempat tidur yang berada di gedung Instalasi Gawat Darurat (IGD) lantai dua.

Direktur RSUD Moch Ansari Saleh Banjarmasin, Among Wibowo mengatakan, layanan baru tersebut memberikan manfaat dan membuka harapan baru untuk pelayanan pasien stroke yang membutuhkan penanganan dan pemantauan khusus.

“Layanan Stroke Center tersebut terintegrasi dengan berbagai bidang keahlian yang mendapat penanganan dokter spesialis saraf, bedah saraf, penyakit dalam, jantung, anestesi dan rehabilitasi medis,” kata Among, Banjarmasin, Senin (22/8/2022).

Diutarakan Among, apabila pasien datang ke rumah sakit dengan gejala stroke, maka mendapatkan penanganan di IGD dan selanjutnya bila kondisinya perlu pengawasan khusus dilakukan perawatan di ruang Stroke Center. 

“Penyakit stroke menjadi salah satu perhatian pemerintah karena termasuk tiga besar penyakit penyebab kematian terbanyak dan kecacatan terbanyak,” ungkap Among.

Among pun berharap, dengan dibukanya layanan Stroke Center di RSUD Moch Ansari Saleh dapat memberikan pelayanan yang lebih baik lagi dan tidak perlu dirujuk ke rumah sakit lainnya.

“Mudah-mudahan bisa menekan angka kematian dan kecacatan serta pasien bisa dilayani di RSUD Moch Ansari Saleh secara komprehensif,” kata Among. MC Kalsel/Ar

Mungkin Anda Menyukai