Diskop UKM dan Kalsel Seleksi UMKM Untuk Pameran W20

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Selatan, Gusti Yanuar Noor Rifai saat membuka kegiatan promosi kurasi produk UMKM dalam rangka mendukung W20 di Banjarmasin di salah satu hotel di Banjarmasin, Rabu (16/3/2022).

Dinas Koperasi dan UKM Kalsel melaksanakan kegiatan Promosi Kurasi Produk UMKM dalam rangka mendukung W20 di Banjarmasin di salah satu hotel di Banjarmasin, Rabu (16/3/2022).

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Selatan, Gusti Yanuar Noor Rifai mengatakan pihaknya melakukan kurasi UMKM dalam rangka penyediaan pameran yang nantinya untuk menyukseskan kegian W20 di Kalsel pada 23-25 Maret.

Tahapan seleksi sebagai langkah untuk memilih 15 pelaku UMKM dari 40 pelaku UMKM yang diundang.

Kriteria seleksi mengacu pada penyesuaian pelaksanaan kegiatan W20 yang mana partisipasi perempuan dalam pembangunan ekonomi global.

“Yang jelas kita akan melihat UMKM yang berkualitas, kemudian keterlibatan perempuan dan juga disabilitas,” ujar Yanuar.

Selanjutnya disebutkan jika masing-masing UMKM yang diundang akan memaparkan profil UMKMnya.

Kurasi dilakukan untuk menemukan UMKM yang layak untuk mewakili pelaku UMKM yang ada di Kalimantan Selatan, sebab slot atau stan untuk pameran nantinya cukup terbatas hanya sekitar 15 stan.

Produk UMKM yang juga menjadi perhatian dalam keterlibatan di sektor kerajinan tangan seperti sasirangan, purun dan sebagainya.

“UMKM yang akan diseleksi juga yang memiliki produktivitas pada kerajinan tangan, sebab itu yang cenderung diminati oleh peserta W20 yang sebagian besar dari luar negeri,” tutupnya. MC Kalsel/Fuz

Mungkin Anda Menyukai