Terus Bergerak Promosikan Minat Baca, Pusling Dispersip Kalsel Sambangi Sekolah di Batola

Dispersip Kalsel/dok

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalimantan Selatan (Kalsel) terus bergerak memantapkan langkahuntuk mempromosikan minat baca hingga ke pelosok Banua.

Melalui layanan Perpustakaan Keliling (Pusling), armada yang membawa amunisi sumber pengetahuan tersebut menyambangi Sekolah Dasar Negeri (SDN) Jejangkit Muara 1 dan PAUD TK Harapan Bangsa di Kecamatan Jejangkit, Kabupaten Barito Kuala (Batola).

Anak-anak setempat menyambut dengan antusias dan gembira saat diajak senam jari sambil bernyanyi, hingga senam otak dan berdongeng, yang dimeriahkan badut karakter. Anak-anak juga diajak membaca buku, yang diharapkan dapat menanamkan minat baca sejak dini.

“Hal itu sebagai komitmen kami untuk meningkatakan Indeks Kegemaran Membaca Masyarakat, terlebih melalui generasi penerus, yang memang perlu waktu untuk hal itu dan kerja sama semua pihak,” kata Kepala Dispersip Kalsel, Nurliani Dardie, Banjarmasin, Jumat (18/02/2022).

Sementara itu, Kepala SDN Jejangkit Muara 1, Muhammad Ihsak, bersyukur mendapat kunjungan tim Pusling, karena dapat menambah wawasan siswa.

“Mudah-mudahan kegiatan ini bisa berkelanjutan, dan ke depan anak-anak kami bisa mendapatkan banyak pengetahuan lagi dari Pusling ini,” harap Ihsak.

Hal senada diungkapkan Kepala PAUD TK Harapan Bangsa, Nurliana yang mengatakan kehadiran Pusling ini telah memberikan dampak positif terhadap anak-anak, dengan semakin semangat dan senang membaca.

“Meskipun ada yang belum bisa membaca, namun mereka sangat senang melihat gambar-gambar di buku yang dibawa, apalagi kelihatannya sangat kengkap,” kata Nurliana. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai


Uncle Hard Enduro 2022


Kalimantan Selatan, tepatnya Kiram Park kembali menjadi lintasan ajang balap internasional
"Uncle Hard Enduro" yang akan digelar pada 25 sampai 27 November 2022. Dengan konsep olahraga dan wisata (sport tourism),
ajang ini berpeluang mengenalkan keindahan alam Kalimantan Selatan ke mata dunia.

Survei ini dilakukan untuk mengetahui seberapa tahu dan tertarik masyarakat terhadap "Uncle Hard Enduro",
yang sudah kedua kalinya dilaksanakan di Kalimantan Selatan, setelah 2019 lalu.


Ya, Saya Bersedia

Tidak, terima kasih