Komitmen Laksanakan Pelayanan Dasar, Dinsos Kalsel Latih 20 Klien Disabilitas

Panti Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas (RSPD) Iskaya Banaran memulai Bimbingan Sosial dan Pelatihan Keterampilan Angkatan ke-VI Tahun 2022, di Banjarbaru, Jumat (14/1/2022).

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kalimantan Sosial (Kalsel), Siti Nuriyani, mengatakan kegiatan tersebut merupakan komitmen Pemerintah Provinsi dalam melaksanakan pelayanan dasar bidang sosial di daerah.

“Melalui kegiatan ini, Pemerintah Provinsi Kalsel menunjukan komitmen serius dalam menangani disabilitas, khususnya dalam upaya penghormatan dan pemenuhan hak penyandang disabilitas,” kata Nuriyani, Banjarbaru, Kamis (14/1/2022).

Nuriyani berharap, kegiatan tersebut turut mendorong Dinsos Kabupaten/Kota dan stakeholder lainnya agar memiliki pemahaman yang sama dalam melayani dan memberikan rehabilitasi sosial bagi penyandang disabilitas.

Sementara itu, Pekerja Sosial Ahli Muda, Yudhiana Khusman, menyebutkan sebanyak 20 orang klien akan mengikuti pelatihan selama enam bulan, mulai dari bulan Januari sampai Juni 2022 mendatang.

“4 orang dari Kota Banjarmasin, 1 orang dari Kabupaten Banjar, 3 orang dari Kabupaten Tapin, 4 orang dari Kabupaten Hulu Sungai Utara, 2 orang dari Kabupaten Tabalong, 2 orang dari Kabupaten Tanah Laut, 2 orang dari Kabupaten Balangan, serta 2 orang dari Kota Banjarbaru,” kata Yudhi.

Ditambahkan Yudhi, klien angkatan VI ini terdiri dari disabilitas fisik sebanyak 6 orang, disabilitas sensorik rungu wicara 7 orang, dan disabilitas intelektual sebanyak 7 orang.

“Nantinya para klien akan mengikuti pelatihan keterampilan tata busana 5 orang, perbengkelan 10 orang, dan komputer 5 orang,” kata Yudhi. MC Kalsel/Rns

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Mungkin Anda Menyukai