DPPPA Kalsel Berupaya Tingkatkan Pemenuhan ASI Eksklusif

Kepala DPPPA Kalsel, Husnul Hatimah (kiri), di Banjarmasin, Senin (13/12/2021). MC Kalsel/scw

Dalam rangka menurunkan stunting dan meningkatkan pemenuhan hak anak terhadap ASI eksklusif, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar Sosialisasi Ruang Laktasi, di Banjarmasin, Senin (13/12/2021).

Kepala DPPPA Kalsel, Husnul Hatimah, mengatakan pihaknya ingin ruang laktasi bisa tersedia, baik di tempat kerja maupun fasilitas umum, agar hak anak terpenuhi secara wajar.

“Ketersediaan ruang laktasi baik di tempat kerja ataupun di fasilitas umum merupakan upaya untuk mendukung para ibu pekerja yang sekaligus menyusui untuk dapat memberikan ASI eksklusif,” ujar Husnul.

Hal ini menurut Husnul perlu ditingkatkan dengan menggandeng seluruh SKPD dan elemen terkait, yang bisa mendukung tercapainya pemenuhan hak dasar anak di bidang kesehatan dan kesejahteraan.

“Penyediaan ruang laktasi ini juga diharapkan mampu meningkatkan pemberian ASI pada anak,” kata Husnul.

Husnul pun berharap SKPD yang belum memiliki ruang laktasi, agar bisa mengalokasikan anggaran untuk menyediakan ruangan dilengkapi kulkas untuk penyimpanan ASI.

“Karena dengan pemenuhan hak anak, kita ikut serta dalam mewujudkan pengembangan KLA sebagai upaya mewujudkan kesepakatan global pada konvensi hak anak,” kata Husnul. MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai