Hadapi Perubahan Iklim, Pemprov Kalsel Berikan Apresiasi Proklim 2021

Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor, menyerahkan Penghargaan Proklim 2021, di Banjarbaru, Rabu (1/12/2021). MC Kalsel/Rns

Pemerintahan Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) memberikan apresiasi Program Kampung Iklim (Proklim) Kalsel Tahun 2021, di Banjarbaru, Rabu (1/12/2021).

Apresiasi diberikan kepada lokasi Proklim, swasta sebagai mitra pendamping Proklim, dan Pemerintah Kabupaten/Kota untuk pembinaan Proklim.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor menyebutkan Proklim bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan masyarakat dan pemangku kepentingan, untuk saling bersinergi dan terus bergerak melakukan perubahan terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi gas rumah kaca.

“Sebab bagaimanapun, bukan menjadi rahasia lagi bahwa saat ini dunia menghadapi perubahan iklim yang mengerikan dan mengkhawatirkan, sehingga harus ada upaya nyata dan harus menjadi prioritas bersama terhadap segala bentuk perubahan iklim,” kata Sahbirin, Banjarbaru, Rabu (1/12/2021).

Proklim, lanjut Sahbirin, merupakan gerakan pengendalian perubahan iklim berbasis komunitas yang telah dilaksanakan dalam beberapa tahun terakhir.

Proklim merupakan bentuk tanggung jawab dan komitmen pemerintah dalam mendukung penguatan kapasitas, adaptasi, dan mitigasi perubahan iklim secara berkelanjutan.

“Tentu saja peran masyarakat dalam Proklim ini akan menjadi titik awal dalam menciptakan lingkungan sehat secara bergotong royong dan terus berkesinambungan kedepannya,” kata Sahbirin.

Di sisi lain, peran pihak swasta sebagai mitra pemerintah juga tak kalah penting dalam upaya adaptasi dan mitigasi pengendalian perubahan iklim. Upaya kolaborasi dari seluruh lapisan masyarakat inilah yang akhirnya mengantarkan Proklim di Kalsel terus mengalami perbaikan secara bertahap.

“Dalam beberapa tahun ini Kalsel kembali dapat meraih penghargaan dari pemerintah pusat melalui penghargaan Proklim. Penghargaan ini merupakan hasil jerih payah para pelaksana proklim yang ada di Banua.
Mulai dari upaya penghijauan, pemilahan sampah, penghematan listrik dan air serta pengurangan risiko dan ancaman akibat bencana terkait iklim,” kata Sahbirin.

Sementara itu, Kepala DLH Kalsel, Hanifah Dwi Nirwana, mengatakan pemberian apresiasi sekaligus menjadi ajang silaturahmi dan bertukar informasi antara pemerintah, mitra, dan masyarakat kampung iklim.

“Kegiatan ini sebagai wadah silaturahmi dan tukar informasi antara pemerintah, masyarakat kampung iklim dan mitra yang telah berperan bersama dalam membangun upaya adaptasi mitigasi perubahan iklim di Kalsel,” kata Hanifah. MC Kalsel/Rns

Mungkin Anda Menyukai