Dinas PUPR Kalsel Raih Predikat Sangat Baik Perkantoran Ramah Lingkungan Tingkat Provinsi

Plt Kepala Dinas PUPR Kalsel, Roy Rizali Anwar (dua kiri) menerima Penghargaan Perkantoran Ramah Lingkungan Tahun 2021, di Banjarbaru, Rabu (1/12/2021). MC Kalsel/tgh

Dinas Pekerjaan dan Penataan Ruang (PUPR) Kalimantan Selatan (Kalsel) berhasil meraih predikat sangat baik pada penilaian Perkantoran Ramah Lingkungan Tahun 2021, di Banjarbaru, Rabu (1/12/2021).

Penghargaan diserahkan langsung oleh Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor kepada Plt Kepala Dinas PUPR Kalsel, Roy Rizali Anwar.

“Kami ucapkan selamat atas raihan preatasi dalam menerapkan perkantoran ramah lingkungan,” kata Sahbirin.

Sahbirin pun meminta agar perkantoran lain di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalsel juga menerapkan perilaku ramah lingkungan. Dia mengajak seluruh ASN untuk mengelola sampah dengan baik, dan efisien dalam menggunakan energi.

“Perilaku ramah lingkungan akan ikut mengurangi pemanasan global dan perubahan iklim. Mari kita biasakan diri untuk ramah terhadap lingkungan, khususnya di lingkungan perkantoran kita masing-masing,” ujar Sahbirin.

Sementara itu, Sekretaris Dinas PUPR Kalsel, Nasrullah, mengatakan penghargaan yang didapat tidak lepas dari komitmen pimpinan, dalam hal ini Plt Kepala Dinas PUPR Kalsel, Roy Rizali Anwar dalam menerapkan lingkungan yang bersih dan nyaman.

“Ini tidak lepas dari komitmen pimpinan dan kerja sama semua pihak untuk meraih prestasi tersebut,” kata Nasrullah.

Nasrullah mengatakan, penerapan ramah lingkungan dilakukan sejak tahun 2020, dengan memberikan sosialisasi kepada pegawai, guna menumbuhkan kesadaran pentingnya lingkungan hijau di area perkantoran.

“Jadi, kami terlebih dahulu memberikan sosialisasi akan pentingnya menjaga lingkugan kantor agar tercipta perkatoran ramah lingkungan,” ujar Nasrullah.

Dalam mewujudkan perkantoran ramah lingkungan, Dinas PUPR Kalsel mengelola sampah secara terpilah dengan menyediakan tempat sampah sesuai jenis, menanam pohon, mengurangi pemakaian kantong plastik, dan menempatkan tanaman hias di setiap ruangan.

“Jadi, ini yang kami lakukan agar area perkantoran PUPR selalu ramah lingkungan sehingga kami berhasil meraih prestasi di tingkat provinsi,” pungkas Nasrullah. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai