Disdikbud Kalsel Laksanakan Mobil Kesenian Keliling

Pertunjukan musik panting pada inovasi pelestarian kesenian tradisional menggunakan Mobil kesenian Keliling di SMA 1 Banjarmasin. MC Kalsel/usu

Dalam rangka mengoptimalisasi pelestarian kesenian tradisional, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Bidang Kebudayaan melaksanakan kegiatan mobil kesenian keliling dan podcast kesenian.

Kepala Seksi Kesenian Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Prov Kalsel, D. Sunjaya Adhiarso mengatakan kegiatan ini digelar di SMA Negeri 1 Banjarmasin pada 18 November 2021.

“Kegiatan ini merupakan aksi inovasi dalam melestarikan kesenian tradisional yang dimiliki Kalsel,” ucapnya, Banjarmasin, Senin (22/11/2021).

Kegiatan pembinaan seni budaya ini sejalan dengan Undang Undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan dan Peraturan Daerah Kalimantan Selatan Nomor 4 Tahun 2017 tentang Budaya Banua dan Kearifan Lokal.

Dalam giat kali ini, ada beberapa pertunjukan kesenian yang akan ditampilkan untuk memperkenalkan kesenian Kalsel kepada para siswa SMA Negeri 1 Banjarmasin.

“Beberapa yang akan ditampilkan seperti musik panting, madihin dan bapandung,” ungkapnya.

Dengan mobil kesenian keliling ini, Sunjaya berharap bisa menjadi awal mula mengoptimalisasi pelestarian kesenian Kalsel.

“Dan semoga dalam jangka panjang bisa diwujudkan dengan mobil/truk panggung keliling,” pungkasnya. MC Kalsel/usu

Mungkin Anda Menyukai

 


 

Pemprov Kalsel Perlu
Pendapat Anda!


Terima kasih telah mengakses portal berita kami.
Kesediaan anda mengisi survei kepuasan
sangat membantu kami untuk mengevaluasi
penyelenggaraan Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) tahun 2022
demi kemajuan pembangunan di Kalimantan Selatan.

 

 


Ya, Saya Bersedia

 

Tidak, terima kasih