UKM Kalsel Waspada Pinjaman Online

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Mikro (UKM) Provinsi Kalsel, Gustafa Yandi saat ditemui di Mahligai Pancasila Banjarmasin, Selasa (2/11/2021) usai menghadiri Pengukuhan Pengurus Tim Penggerak PKK Kalsel. MC Kalsel/Fuz

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Mikro (UKM) Provinsi Kalsel, Gustafa Yandi menyampaikan imbauan kepada pelaku UKM di Kalsel agar tidak menjadi korban Pinjaman Online (Pinjol).

Hal ini disampaikan saat ditemui di Mahligai Pancasila Banjarmasin, Selasa (2/11/2021) usai menghadiri Pengukuhan Pengurus Tim Penggerak PKK Kalsel.

Sebagai Kepala Dinas Koperasi, Yandi mengungkapkan rasa kepedulian yang dalam kepada pelaku UKM agar tidak terjerat dari jaringan Pinjol ilegal.

“Kepada para penggiat UKM yang saya cintai, saya menghimbau agar jangan terjebak dengan Pinjol itu, karena kita sendiri sudah punya jalur yang resmi secara khusus sediakan,” ujarnya.

Beberapa jalur pinjaman resmi yang disarankan oleh pihak Dinas Koperasi, di antaranya koperasi-koperasi serta Kredit Usaha Rakyat (KUR), semua jalur tersebut disiapkan dan dapat dilayani pendampingannya.

Masyarakat Kalsel mungkin ada yang sedang mencoba untuk membuka usaha dan memerlukan modal, di saat seperti inilah pelaku usaha tergiur dengan pinjaman.

“Jangan sampai terjebak di Pinjol itu, saat ini sudah semakin marak dan tentunya merugikan kepada usahanya termasuk juga nantinya ke pribadi dan keluarganya,” ujar Yandi.

Hingga saat ini, memang belum ditemukan pelaku usaha yang terjebak, akan tetapi imbauan dan mengingatkan tetap dilakukan agar terhindar dan tidak mudah percaya.

“Begitu ada rayuan atau bujukan untuk pinjaman, jangan langsung diokekan, tetapi konsultasikan dulu kepada orang terdekat atau melalui Dinas Koperasi untuk dilakukan pendampingan sehingga mendapatkan jalur yang resmi,” lanjut Yandi. MC Kalsel/Fuz

Mungkin Anda Menyukai