Gubernur Kalsel Imbau Masyarakat Waspada Banjir

Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor, Banjarmasin, Rabu (3/11/2021). MC Kalsel/Rns

Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel), Sahbirin Noor, mengimbau masyarakat untuk waspada banjir, mengingat curah hujan di bulan November hingga akhir Desember cukup tinggi.

“Dapat info dari pihak BMKG bahwa harus waspada karena di bulan November 80 persen cuaca kurang bersahabat,” ucap Sahbirin, Banjarmasin, Rabu (3/11/2021).

Hingga 9 November nanti, hampir seluruh wilayah di Kalsel diperkirakan mengalami hujan ringan hingga sedang. BMKG pun memberikan peringatan dini bagi masyarakat Banjarmasin, Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Barito Kuala, Tapin, Hulu Sungai Selatan, Tanah Laut dan sekitarnya yang berpotensi mengalami hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang pada tanggal 4 hingga 5 November 2021.

Kemudian, tanggal 6 sampai 7 November seluruh Kabupaten/Kota di Kalsel diperkirakan mengalami hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang.

“Informasi apapun terutama musibah banjir harus segera disampaikan kepada masyarakat agar persiapan-persiapan apabila terjadi musibah dan bencana banjir melanda, siap menghadapi,” kata Sahbirin.

Apabila curah hujan hanya di satu titik, Sahbirin optimis dampak banjir bisa diminamilisir atau bahkan diantisipasi. Dia pun mendorong Kabupaten/Kota untuk membersihkan atau melakukan normalisasi sungai.

“Kita juga dorong kepada Kab/Kota agar sungai-sungai dibersihkan atau normalisasi karena tata kelola air itu sangat penting sekali dalam mengatasi banjir,” pungkas Sahbirin. MC Kalsel/Rns

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Mungkin Anda Menyukai