Dorong Percepatan Pembangunan Desa, Pemprov Kalsel Bentuk Kawasan Perdesaan Di Tabalong

Dinas PMD Kalsel meninjau pembentukan kawasan perdesaan di Tabalong. Dinas PMD Kalsel/dok

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) berupaya mendorong percepatan pembangunan di desa melalui pembentukan kawasan perdesaan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kalsel, Zulkifli, mengatakan tanggal 5 Oktober lalu pihaknya bersama Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) membentuk kawasan perdesaan di Tabalong.

“Jadi, kemarin itu kita bentuk kawasan perdesaan di Tabalong yang tergabung dalam Tim Koordinasi Pembangunan Kawasan Perdesaan (TKPKP),” ucap Zulkifli, di Banjarbaru, Rabu (27/10/2021).

Dikatakan Zulkifli, pembentukan kawasan perdesaan diawali Focus Group Discussion (FGD), disusul penetapan rencana aksi kegiatan penyusunan Rencana Pembangunan Kawasan Perdesaan (RPKP).

“Maka dari itu, pembentukan kawasan perdesaan harus dapat membentuk kerja sama antar desa dan pengembangan ekonomi bersama, sehingga menghasilkan produk unggulan kawasan perdesaan dan lapangan kerja bagi masyarakat di kawasan perdesaan tersebut,” ujar Zulkilfi.

Dalam mengembangkan kawasan perdesaan, harus dibuat program prioritas berbasis agropolitan dengan meningkatkan kualitas infrastruktur jalan.

“Ada dua rencana lokasi kawasan perdesaan berbasis agropolitan diantaranya di Desa Catur Karya, Desa Kembang Kuning dan Desa Lok Batu yang terletak di Kecamatan Haruai. Kemudian, kawasan perdesaan kedua terletak di Desa Masingai 1 dan Desa Masingai 2 Kecamatan Upau Tabalong,” kata Zulkifli. MC Kalsel/Ar

Mungkin Anda Menyukai