Miliki IPL Tertinggi, Kemendagri Gali Strategi Dispersip Kalsel Perkuat Budaya Literasi

Kepala Dispersip Kalsel, Nurliani Dardie (tengah) menerima kunjungan Bidang Pusat Penerangan Sekretariat Jenderal Kemendagri, Banjarmasin, Rabu (29/9/2021). Dispersip Kalsel/dok

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalimantan Selatan (Kalsel) mendapat kunjungan dari Bidang Pusat Penerangan Sekretariat Jenderal Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dalam rangka menggali lebih jauh keberhasilan Kalsel meraih Indeks Pembangunan Literasi (IPL) tertinggi se-Indonesia.

“Kita beberapa hari di sini untuk melihat dan mencatat langsung berbagai hal, yang nantinya akan dijadikan sebuah buku, hingga menjadi bahan bacaan dan pelajaran bagi dinas atau pimpinan lainnya se-Indonesia,” ujar Kepala Bidang Pusat Penerangan Sekretariat Jenderal Kemendagri, Moh. Ilham A. Hamudy melalui siaran pers, Rabu (29/9/2021).

Tidak hanya itu, Hamudy menjelaskan, pihaknya juga akan meneliti lebih jauh strategi yang diterapkan Dispersip Kalsel, sehingga bisa diterima dan bermanfaat untuk masyarakat.

“Saya ingin tahu apa sih strategi Ibu (Kepala Dispersip Kalsel), karena kalau anggaran dan program itu kurang lebih saja dengan daerah lain, tapi yang saya lihat dan baca, Ibu mainnya cakep, dengan para pejabat di daerah dapat Ibu rangkul, itu yang saya salut. Jaringan yang Ibu punya saya pikir luar biasa,” kata Hamudy.

Selain dengan para pejabat dan stakeholder, Hamudy juga menilai Kepala Dispersip Kalsel, Nurliani Dardie, juga dekat dengan masyarakat, hingga mampu menggiatkan literasi di berbagai Kabupaten/Kota se-Kalsel.

“Buktinya Ibu (Kepala Dispersip Kalsel) mau turun langsung ke bawah melayani masyarakat, itu mungkin yang tidak banyak dilakukan oleh pimpinan yang menggawangi kegiatan literasi di daerah lain,” imbuh Hamudy.

Sementara itu, Nurliani berharap capaian yang diraih mampu menginspirasi daerah lain, untuk bersama-sama menguatkan budaya literasi di Indonesia.

Seperti diketahui, Dispersip Kalsel mendapat banyak penghargaan dari pemerintah pusat, termasuk Nugra Jasa Dharma Pustaloka Tahun 2021 yang diberikan kepada Nurliani.

“Kita sebenarnya melakukan apa yang bisa dilakukan. Yang jelas kita ingin mengabdi agar masyarakat Kalsel gemar membaca, hingga tercipta masyarakat yang berkualitas,” ucap Nurliani. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai

 


 

Pemprov Kalsel Perlu
Pendapat Anda!


Terima kasih telah mengakses portal berita kami.
Kesediaan anda mengisi survei kepuasan
sangat membantu kami untuk mengevaluasi
penyelenggaraan Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) tahun 2022
demi kemajuan pembangunan di Kalimantan Selatan.

 

 


Ya, Saya Bersedia

 

Tidak, terima kasih