Penanganan Pascabanjir, Pemprov Kalsel dan BPTU-HPT Distribusikan 2.000 Ekor Itik ke Batola

Kepala Disbunnak Kalsel, Suparmi. MC Kalsel/scw/dok

Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kalimantan Selatan (Kalsel) melakukan pendampingan distribusi bantuan hibah ternak itik untuk peternak terdampak banjir di Kecamatan Rantau Badauh Mandastana dan Jejangkit Kabupaten Barito Kuala (Batola).

Seperti diketahui, Barito Kuala merupakan salah satu kabupaten terdampak banjir awal tahun lalu.

“Distribusi bantuan itik merupakan kerja sama Pemerintah Provinsi Kalsel dengan Balai Pembibitan Ternak Unggul-Hijauan Pakan Ternak (BPTU-HPT) Pelaihari yang merupakan UPT Kementerian Pertanian,” kata Kepala Disbunnak Kalsel, Banjarbaru, Suparmi, Rabu (30/9/2021).

Dikatakan Suparmi, sektor pertanian khususnya subsektor peternakan merupakan salah satu sektor yang terdampak cukup besar, terutama pada produksi dan produktivitas peternakan itik.

“Bantuan hibah ternak itik yang diberikan adalah anak itik jenis alabio sebanyak 2.000 ekor terdiri dari 200 ekor jantan dan 1.800 ekor betina,” kata Suparmi.

Pemberian bantuan juga tidak terlepas dari arahan Gubernur Kalsel terkait penanganan pascabanjir, melalui program pemulihan dan pembinaan intensif agar ketersedian pangan asal hewan tetap terjaga.

“Dengan tersalurnya bantuan ini diharapkan para peternak itik bisa beternak kembali, sehingga dapat meningkatkan produksi dan produktivitas ternaknya, yang berdampak pada meningkatnya kesejahteraan peternak itik yang ada di Barito Kuala,” ujar Suparmi. MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai