Menjadi Ikon Baru Kalsel, Gubernur Kalsel Tinjau Jembatan Alalak Baru

Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor saat meninjau Progres jembatan Alalak Baru, Banjarmasin, Senin (13/9/2021). MC Kalsel/tgh

Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel), Sahbirin Noor bersyukur dan bangga atas selesainya salah satu jembatan yang akan menjadi ikon Kalsel.

“Alhamdulillah selesainya jembatan ini menjadi salah satu ikon baru di Kalsel dan dapat memberikan kenyamanan kepada masyarakat Banua dan menambah penghubung antar provinsi yang ada di Pulau Kalimantan,” kata Sahbirin Noor, Banjarmasin, Senin (13/9/2021).

Sahbirin Noor mengatakan terkait kapan dan siapa yang akan meresmikan, rencana Presiden Joko Widodo akan mengunjungi Kalsel, namun belum dipastikan apakah kunjungan Presiden nanti untuk meresmikan jembatan atau ada kunjungan kerja lain.

“Jembatan ini insya allah akan dikunjungi presiden dan mudah-mudahan kehadiran Presiden nanti ke Kalsel salah satunya dalam rangka meresmikan jembatan terbaik di Kalsel ini,” ujarnya.

Dikesempatan yang sama, Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Kalsel, Syauqi Kamal saat ini pengerjaan jembatan sudah sampai tahap finishing.

“Jadi masa kontrak berakhir tanggal 15 September ini dan sudah 99 persen, tinggal pengerjaan finishing seperti pembersihan, pengecatan, selanjutnya semoga selesai,” ujarnya.

Dengan bentuk kekhasan struktur jembatan menikung dan menjadi jembatan pertama dengan desain seperti itu di Indonesia. Syauqi pun belum bisa memastikan siapa yang akan meresmikan nantinya.

“Selanjutnya untuk proses peresmian kita diarahkan pusat, dan menunggu pusat siapa yang akan meresmikan tapi kalau dari kita belum tahu juga tekhnis peresmiannya nanti seperti karena masih pandemi apakah online atau offline,” ungkapnya.

Lanjut ia menerangkan beberapa waktu lalu, dilakukan uji kelaikan selama dua hari dan berjalan lancar serta saat rapat pleno hasil dari pengerjaan jembatan sesuai dengan desain. Saat ini pihaknya sednag menunggu keluarnya sertifikat jembatan dari Menteri PUPR.

“Hasilnya sesuai dengan desain dan sudah laik, ini menunggu proses sertifikat dari menteri PUPR langsung,” tukasnya. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai