Pastikan Ketersediaan dan Harga Bapok Stabil, Disdag Kalsel Kunjungi Pasar di Tanah Bumbu

Kepala Disdag Kalsel, Birhasani, saat meninjau salah satu pasar di Tanah Bumbu. Disdag Kalsel/dok

Untuk memastikan ketersediaan dan harga bahan pokok (Bapok) merata, Dinas Perdagangan (Disdag) Kalimantan Selatan (Kalsel) meninjau salah satu pasar tradisional di Kecamatan Satui, Tanah Bumbu.

“Dengan memperhatikan kondisi, yakni 10 September 2021, ketersediaan bahan pokok sepanjang bulan September hingga tiga bulan ke depan aman dan kondusif,” kata Kepala Dinas Perdagangan Kalsel, Birhasani, melalui pesan singkat, Jumat (10/9/2021).

Birhasani mengatakan, meskipun saat ini di Kalsel masih berlaku Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 di 3 kabupaten/kota, yakni Banjarmasin, Banjarbaru, dan Kotabaru, Ia menjamin ketersediaan bahan pokok, baik dari hasil pertanian, hortikultura, perkebunan, peternakan dan perikanan relatif terjaga.

Hal tersebut dikarenakan persedian di tingkat distributor maupun pedagang besar Kabupaten/Kota se-Kalsel cukup besar, didukung dengan suplai dan distribusi yang aman dan lancar.

“Kondisi seperti ini membuat terjadinya stabilitas harga, bahkan ada komoditas yang mengalami penurunan harga dibanding satu bulan yang lalu, seperti harga ayam potong, telur ayam ras, gula putih, bawang merah, semua jenis cabai, maupun ikan segar. Di samping itu juga tidak terjadinya peningkatan permintaan yang tinggi dari masyarakat,” kata Birhasani. MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai