Dinas PMD Kalsel dan TNI Teruskan Sinergi Membangun Desa melalui TMMD

Dinas PMD Kalsel bersama TNI melakukan peninjauan rehabilitasi Masjid, di Desa Benua Riam Kecamatan Aranio Kabupaten Banjar. Dinas PMD Kalsel/dok

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) terus menjalin sinergi bersama TNI melalui TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD).

Kepala Dinas PMD Kalsel, Faried Fakhmansyah, mengatakan TMMD bertujuan untuk membangun infrastruktur desa dalam rangka meningkatkan pembangunan dan peran masyarakat demi kemajuan dan kesejahteraan desa.

Kegiatan TMMD dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat, salah satunya dengan meminimalisir kerumunan saat pengerjaan pembangunan.

“Jadi, kami bersama Korem 101/Antasari dan Kodim 1006/Banjar pada Jumat (22/4) sudah melakukan peninjauan lokasi kegiatan TMMD ke-113 di Desa Artain dan Desa Benua Riam Kecamatan Aranio Kabupaten Banjar,” kata Faried, di Banjarbaru, Selasa (26/4/2022).

Dikatakan Faried, rehabilitasi pembangunan infrastruktur desa di dua desa tersebut meliputi satu unit masjid, satu unit lapangan voli untuk sarana olahraga, satu unit tempat mandi, cuci, dan kakus untuk penunjang fasilitas umum, serta dua unit Pos Kamling.

“Pengerjaan itu dilaksanakan secara bertahap dikarenakan harus dilakukan monitoring untuk mengetahui bangunan yang layak di rehabilitasi,” ujar Faried.

Faried pun menginginkan, pembangunan infrastruktur desa bisa membuka akses perekonomian masyarakat setempat.

“Jadi, TNI agar bisa melakukan pembagian pekerjaan sehingga pelaksanaannya tidak memerlukan orang banyak dan mudah-mudahan kegiatan TMMD tidak ada kendala dan bisa cepat selesai pengerjaannya,” kata Faried. MC Kalsel/Ar

Mungkin Anda Menyukai