SMKN 1 Batumandi Bersama IDS Rumah Pendidikan Indonesia Laksanakan Webinar Nasional dan Luncurkan Aplikasi Pendidikan Kejar.id

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan, Muhammad Yusuf Effendi saat menghadiri Webinar Nasional dengan Tema “Membangun Sekolah Bermutu di Era 4.0” ya yang dilaksanakan oleh SMK Negeri 1 Batumandi dan IDS Rumah Pendidikan Indonesia, Banjarbaru, Senin (16/8/2021). MC Kalsel/usu.

SMK Negeri 1 Batumandi bekerja sama dengan IDS Rumah Pendidikan Indonesia melaksanakan Webinar Nasional dengan tema “Membangun Sekolah Bermutu di Era 4.0” serta peluncuran pemanfaatan platform aplikasi pendidikan yaitu Kejar.id

Dalam webinar kali ini langsung dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Prov. Kalsel, Muhammad Yusuf Effendi, Kepala Bidang SMK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Prov. Kalsel, Syamsuri, Ketua MMKS SMK Prov. Kalsel, Dwi Ayati, Konsultan Eksekutif IDS Rumah Pendidikan Indonesia, Itasia Dina Sulvianti dan Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Batumandi, Kasianto.

Kepala Disdikbud Kalsel, Muhammad Yusuf Effendi mengucapkan terima kasih kepada SMK Negeri 1 Batumandi dan IDS Rumah Pendidikan.

“Tema ini sangat strategis dan juga relevan dalam mewujudkan visi misi pendidikan di Kalsel. Salah satu visi kita ialah terbentuknya layanan pendidikan dan kebudayaan yang bermutu menuju SDM yang cerdas, mandiri serta berkarakter,” ucapnya, Banjarbaru, Senin (16/8/2021).

Dikarenakan pada saat ini masih berada di pandemi COVID-19, metode pembelajaran ada perubahan yang dulunya luring atau Pembelajaran Tatap Muka (PTM) sekarang menjadi daring atau Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

“Oleh karenanya revolusi di era 4.0 ini dapat mendukung pola belajar dan berpikir untuk mengembangkan inovasi kreatif serta motivasi peserta didik,” tuturnya.

Yusuf menegaskan di masa seperti ini para guru atau tenaga pendidik harus memiliki 4 kompetensi dalam melaksanakan tugasnya.

“Di antaranya keterampilan berpikir kritis serta bisa pemecahan masalah, kedua keterampilan komunikasi dan kolaborasi, ketiga kemampuam berfikir kreatif dan inovatif dalam memberikan pembelajaran kepada peserta didik dan yang terakhir literasi teknologi dan informasi,” ujarnya.

Yusuf berharap untuk pemanfaatan aplikasi Kejar.id oleh SMKN 1 Batumandi bekerja sama IDS Rumah Pendidikan Indonesia bisa digunakan oleh seluruh sekolah yang di Kalsel.

“Semoga melalui pemanfaatan teknologi ini dapat memajukan dunia pendidikan di Kalsel” pungkasnya. MC Kalsel/usu

Mungkin Anda Menyukai