Balitbangda Laksanakan Kajian Integrasi Perkebunan Kelapa Sawit dan Hutan Lestari

Kepala Bidang Inovasi dan Teknologi Balitbangda Prov. Kalsel, Murwany Viviane Antang saat menjelaskan terkait Kajian Integrasi Perkebunan Kelapa Sawit dan Hutan Lestari, Banjarbaru, Kamis (12/8/2021). MC Kalsel/usu

Guna menjadikan sektor perkebunan Provinsi Kalsel menjadi sektor unggulan dengan komoditas tanaman yang paling menjanjikan yaitu kelapa sawit, Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Provinsi Kalsel melalui Bidang Inovasi dan Teknologi melaksanakan kajian integrasi Perkebunan Kelapa Sawit Hutan Lestari.

Kepala Bidang Inovasi dan Teknologi Balitbangda Provinsi Kalsel, Murwany Viviane Antang mengungkapan kajian ini telah dimulai pada bulan Juni yang lalu dan diperkirakan selesai pada bulan November.

“Perkiraan kajian ini dilakukan selama 6 bulan dengan sebelumnya, kami telah melakukan seminar proposal serta melihat untuk daerah mana yang akan kami kunjungi,” ucapnya, Banjarbaru, Kamis (12/8/2021).

Untuk ruang lingkup kajian ini sendiri berada 5 Kabupaten meliputi Kabupaten Banjar, Tanah Laut, Tanah Bumbu, Kotabaru dan Tapin.

“5 Kabupaten tersebut memang bisa diliat yang lumayan banyak memiliki daerah kelapa sawit dan pada bulan Agustus sampai September perkiraan para tim kajian akan turun kelapangan,” katanya.

Dari setiap Kabupaten nantinya akan di ambil satu sampel perusahaan kelapa sawit sebagai tempat pengambilan data.

Viviane mengungkapkan di dalam tim kajian ini tidak hanya dari Balitbangda Kalsel, tetapi dari stakeholder terkait juga ada seperti Dinas Perkebunan dan Peternakan dan Dinas Kehutanan Kalsel.

“Meliputi Ketua Tim Kajian Wajidi, dengan anggota Ahmad Zaky Maulana, Agustinus Adie, Arifudin, Ef Anwar, Noor Laili Aziza dan Bangun Rahardjo,” tuturnya.

Viviane berharap kajian ini dapat salah satu rencana kebijakan terhadap Pemprov Kalsel.

“Karena sesuai dengan salah satu misi Kalsel yaitu mengembangkan daya saing ekonomi daerah yang berbasis sumberdaya lokal, dengan memperhatikan Kelestarian lingkungan,” pungkasnya. MC Kalsel/usu

Mungkin Anda Menyukai